Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 01 Feb 2019 13:42 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Benteng yang Didatangi Jokowi di Ngawi, Bukan Benteng Sembarangan

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Benteng Pendem Van Den Bosch (Tommy Bernadus/dTraveler)
Benteng Pendem Van Den Bosch (Tommy Bernadus/d'Traveler)
Jakarta - Presiden Jokowi berkunjung ke Benteng Pendem Ngawi dan meminta Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk merestorasinya. Sebenarnya, benteng apa sih ini?

Pada Jumat (1/2/2019) Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Ngawi, Jawa Timur. Dia mampir ke Benteng Pendem, destinasi wisata sejarah di sana, kemudian menikmati Kopi Selondoh khas Ngawi.

Benteng ini kondisinya rusak. Itu sebabnya, Presiden Jokowi lalu memerintah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk memperbaikinya. Benteng Pendem rupanya memang punya nilai sejarah yang tinggi.

Benteng yang Didatangi Jokowi di Ngawi, Bukan Benteng SembaranganJokowi di Benteng Pendem Ngawi (Ray Jordan/detikcom)
Nama lengkapnya Benteng Pendem Van Den Bosch. Disebut 'pendem' karena kondisinya yang masuk ke dalam tanah. Lokasinya tidak jauh dari Alun-alun Ngawi dengan tiket masuk Rp 5.000 saja.

Di benteng ini sudah ada jalur pedestrian dan jalur pandu untuk penyandang disabilitas. Di kompleks benteng ini ada taman labirin, namun kondisinya kurang terawat.

Walaupun namanya benteng, bentuk fisiknya mungkin lebih mirip gedung kantor kolonial. Gedungnya megah, dengan pilar-pilar besar dan memang dengan kondisi kerusakan di sana-sini. Malahan ada tembok yang sudah ditumbuhi pepohonan.

Benteng yang Didatangi Jokowi di Ngawi, Bukan Benteng SembaranganTembok dipenuhi pepohonan (Brigida Emi Lilia/d'Traveler)
Suasananya asyik banget untuk wisatawan yang suka foto-foto, atau mereka yang tertarik untuk prewedding. Buat kamu yang suka Instagram, tempat ini juga keren banget untuk bahan postingan.

Benteng ini dibikin tahun 1845 yang artinya udah berumur 174 tahun. Wow, sudah cukup tua ya. Pemkab Ngawi didukung Kemenpar untuk menjadikan destinasi wisata sejarah ini sebagai objek cagar budaya, namun realisasinya belum cukup nyata. Terbukti Jokowi sampai harus menelepon Menteri PUPR lagi.

Benteng Pendem Van Den Bosch ini bisa jadi destinasi liburan akhir pekan kali ini. Semoga nanti proses restorasinya bisa segera terlaksana. (fay/krn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED