Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 17 Feb 2019 22:19 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Yuk Jalan-jalan ke Sungai Citarum yang Dipuji Jokowi

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Situ Cisanti di hulu Sungai Citarum (Dok Kodam III/Siliwangi)
Situ Cisanti di hulu Sungai Citarum (Dok Kodam III/Siliwangi)

FOKUS BERITA

Wisata Tempat Kampanye
Jakarta - Capres Jokowi dalam debat capres memuji Sungai Citarum yang dibersihkan masyarakat. Hulu sungai ini malah sudah jadi objek wisata lho. Sudah tahu belum?

"Kita sudah mulai untuk bersihkan kembali sungai-sungai. Salah satunya Citarum," kata Jokowi di panggung debat di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (7/2/2019).



Program yang bergulir adalah program Citarum Harum yang merupakan upaya memulihkan Sungai Citarum oleh segenap warga Jawa Barat. Jokowi mengapresiasi upaya tersebut.

"Citarum harum. Kami terima kasih ke masyarakat Jawa Barat yang sudah mendukung program ini," ujarnya.

Yuk Jalan-jalan ke Sungai Citarum yang Dipuji JokowiWisatawan menikmati hulu Sungai Citarum (Fitraya/detikTravel)

Dalam perkembangannya, imej Citarum memang pelan-pelan berubah dari sungai dengan reputasi kotor menjadi sungai yang pelan-pelan dipulihkan kondisinya. Kalau Anda mau tahu seperti apa indahnya Sungai Citarum, bisa datang ke kawasan hulu sungainya yang sudah menjadi objek wisata.

Sungai Citarum dulu kotor bahkan dari kawasan hulunya yang bernama Situ Cisanti di Kabupaten Bandung. Danau ini disebut sebagai Kilometer 0 Citarum. Di tempat ini ada 7 mata air yang menjadi awal Citarum mengalir jadi sungai terpanjang di Jawa Barat yang bermuara ke Laut Jawa.


Pembersihan besar-besaran hulu Sungai Citarum dikerjakan Maret 2018 dengan mengerahkan Kodam 3 Siliwangi. Pangdam 3 Siliwangi saat itu Mayjen TNI Doni Monardo terjun langsung

Dengan program Citarum Harum yang sudah setahun berjalan, diharapkan sungai ini pelan-pelan menuju ke arah lebih baik. Hulu sungainya lebih hijau karena 100 ribu pohon baru sudah ditanam.

Yuk Jalan-jalan ke Sungai Citarum yang Dipuji JokowiPembersihan Sungai Citarum (Dok Kodam III/Siliwangi)

Fasilitasnya juga dilengkapi dan diperbaiki. Jalan akses sudah dirapikan, enak untuk jogging dan jalan-jalan keliling danau ini.

Wisatawan bisa kemping di Situ Cisanti, hawanya sejuk segar, mentari paginya begitu memanjakan. Menikmati hulu Sungai Citarum yang tenang di pagi hari di dermaganya akan menjadi pengalaman menyenangkan untuk wisatawan.

Tidak salah jika Citarum muncul dalam debat Capres kali ini. Biar lebih puas, yuk akhir pekan ini lihat sendiri indahnya Sungai Citarum di hulunya, Situ Cisanti yang sejuk dan segar!


Tonton video: Cantiknya, Ladies Jokowi Joget-Joget Meriahkan Debat Kedua

[Gambas:Video 20detik]

(fay/fay)

FOKUS BERITA

Wisata Tempat Kampanye
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED