Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 25 Feb 2019 18:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Tak Lengkap Wisata di Kamojang, Tanpa Oleh-oleh Ini

Wisma Putra
detikTravel
Belanja sayur mayur buat oleh-oleh di Kamojang (Wisma Putra/detikTravel)
Kabupaten Bandung - Traveler yang liburan ke kawasan Kamojang Kabupaten Bandung, jangan lupa istirahat di Rest Area Cukang Monteng. Kalian bisa belanja sayur mayur buat oleh-oleh.

Selain bisa mengistirahatkan kendaraan dan meluruskan tubuh setelah berjam-jam berkendara, Anda juga bisa membeli oleh-oleh sayuran segar yang berasal dari perkebunan yang ada di kawasan Kamojang.

Sayuran tersebut dijual di salah satu toko oleh-oleh yang ada di rest area tersebut. Toko oleh-oleh itu milik Dahlan, yang juga merupakan petani di Kamojang, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung.

Beragam sayuran dijual Dahlan, dari mulai kubis, kentang, ubi, tomat, kumit, kacang, singkomg, bawang merah, bawang putih dan jenis sayuran lainnya. Ada juga beberapa jenis buah, dari mulai sawo, jeruk nipis dan pisang.

"Semuanya hasil petik dikebun, saya sengaja menjualnya di sini, ada juga yang dijual ke pasar kalau stok sayurnya banyak," ujar Dahlan kepada detikTravel di toko oleh-oleh miliknya, Sabtu (23/2/2019).

(Wisma Putra/detikTravel)(Wisma Putra/detikTravel)



Dahlan berujar, sayuran yang dijual di toko oleh-olehnya segar-segar karena dipanen langsung dari kebun miliknya. "Sayuran ini saya panem bertahap, lalu dijual disini. Bertahap dipanennya biar sayurannya tetap segar," ujar Dahlan.

Menurutnya, rata-rata pembeli sayur di toko oleh-olehnya merupakan wisatawan yang hendak berwisata ke Kawah Kamojang atau ke Pemandian Air Panas Darajat Garut.

"Biasanya yang pulang main dari atas, mengistirahatkan kendarannya disini, lalu beli sayur disini buat oleh-oleh," imbuhnya.

Menurutnya, toko oleh-olehnya ramai pada saat weekend atau long weekend. "Sabtu Minggu ramai, apalagi libur panjang ramai sekali," tambahnya.

(Wisma Putra/detikTravel)(Wisma Putra/detikTravel)

Selain dapat membeli oleh-oleh sayuran segar, di rest area tersebut juga bisa membeli oleh-oleh makanan tradisional khas Sunda. Ada juga makaan tradisional khas Ibun yaitu Borondong kering.

Salah satu wisatawan asal Bandung, Muhammad Rian (36) mengatakan setiap berwisata ke wilatah Kamojang atau Garut, ia selalu berhenti di rest area Cukang Monteng.

"Istirahat dulu, sekedar ngopi dan mendinginkan rem dan mesin mobil. Juga beli oleh-oleh sayuran, sayurannya segar-segar, selain itu harganya murah," pungkasnya.

(Wisma Putra/detikTravel)(Wisma Putra/detikTravel)
(bnl/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA