Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 26 Feb 2019 21:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Tahu Nggak, Trenggalek Punya Air Terjun yang Cantik

Adhar Muttaqin
detikTravel
Air Terjun Urang Kambu di Trenggalek (Adhar Muttaqin/detikTravel)
Trenggalek - Liburan ke Trenggalek, ada air terjun cantik yang menunggu kamu. Namanya Air Terjun Urang Kambu, dengan kolamnya yang jernih di tengah hutan tropis.

Akhir pekan sudah di depan mata, saatnya melepas penat setelah sepekan disibukkan setumpuk pekerjaan, salah satu destinasi yang layak anda coba adalah Air Terjun Urang Kambu di Trenggalek. Air terjun ini memiliki masih alami dan terjaga kesegarannya.

Keasrian akan langsung dirasakan setiap pengunjung yang datang di kawasan wisata air terjun Urang Kambu di Desa Dukuh, Kecamatan Watulimo, Trenggalek. Deraian air terjun dari tebing setinggi 15 meter akan menjadi pesona tersendiri, terlebih kejernihan air yang ada pada kolam di bawahnya seakan menggoda dan menantang pengunjung untuk berenang.

Namun pastikan anda memiliki keahlian berenang jika ingin menikmati air terjun tersebut, karena kolam yang ada di bawahnya memiliki ke dalam hingga tiga meter.

(Adhar Muttaqin/detikTravel)(Adhar Muttaqin/detikTravel)
Air terjun yang berada di komplek wisata Banyu Nget ini berada di tengah hutan tropis yang masih terjaga kelestariannya. Aneka pepohonan mulai dari durian manggis hingga berbagai tanaman lainnya tumbuh subur dan memayungi destinasi tersebut.

Menurut salah seorang pengelola, air terjun Urang Kambu Winarto, wisata yang berada di bawah pengelolaan Perhutani. Nama air terjun Urang Kambu sendiri berasal dari julukan masyarakat sekitar, sebab lokasi aliran air terjun ini banyak ditemukan udang air tawar atau biasa disebut Urang Kambu.

"Sehingga disebutlah air terjun Urang Kambu. Air yang mengalir ini berasal dari beberapa sumber yang ada di tengah hutan, sehingga meskipun kemarau, airnya tetap mengalir," kata Winarto.

BACA JUGA: Rekomendasi Tempat Wisata di Trenggalek dari Emil Dardak

Selain mandi di air terjun, pengunjung juga bisa memacu adrenalin dengan melakukan panjat dinding di lokasi air terjun. Namun wahana panjat tersebut mendapatkan pendapingan dari tim ahli.

(Adhar Muttaqin/detikTravel)(Adhar Muttaqin/detikTravel)
Pengunjung juga bisa menikmati susana alam sekitarnya dengan menaiki gardu pandang yang ada di salah satu pohon durian ini. Yang menarik pada saat musim buah durian, pengunjung bisa pesta durian di kawasan ini, selain harganya murah, rasanya juga dijamin nikmat.

"Saat ini duriannya masih kecil, mungkin satu atau dua bulan lagi mulai musim panen," ujarnya.

Salah seorang pengunjung, Iqbal Qosim mengaku cukup takjup dengan keasrian air terjun Urang Kambu. Ia berharap pihak pengelola terus menjaga kelestairan yang ada, sehingga pengunjung semakin betah untuk menikmatinya.

"Keasrian inilah yang harus tetap dijaga, selain itu mungkin promonya lebih digencarkan lagi, sehingga pengunjung semakin banyak," katanya.

Wisata ini lokasinya berada di pesisir selatan Trenggalek dan berada pada satu jalur dengan destinasi wisata lain seperti Pantai Prigi, Pantai Pasir Putih, Pantai Damas, Pantai Mutiara, wisata hutan mangrove, wisata Durensari, river tubing Watulawang hingga Gua Lawa. (rdy/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA