Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 28 Feb 2019 18:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Karapan Sapi Probolinggo, Tidak Kalah Seru dengan Madura

M Rofiq
detikTravel
Kemeriahan kerapan sapi brujul oleh warga Tapal Kuda Jatim (M Rofiq/detikTravel)
Kemeriahan kerapan sapi brujul oleh warga Tapal Kuda Jatim (M Rofiq/detikTravel)
Probolinggo - Masyarakat kawasan Tapal Kuda di Probolinggo, Jawa Timur punya ritual unik saat menyambut masa tanam padi. Mereka punya karapan sapi lho.

Kerapan sapi brujul, begitu nama lokalnya, digelar di area persawahan, sebelum digarap menjadi lahan pertanian. Lokasinya sendiri berada di Jalan KH Safi'i, Kelurahan Jrebeng Kidul, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo.

Uniknya, lomba Kerapan Sapi Brujul beda dengan Karapan Sapi Madura. Ada joki dari kalangan anak-anak.

Seperti yang dilakukan Andrik (13), ia mengaku sudah 2 tahun menjadi joki kerapan sapi brujul. Menurutnya, sebelum melakukan karapan sapi ia terlebih dahulu berlatih sekitar 1 pekan.

Tradisi ini dilakukan warga Tapal Kuda untuk menyambut musim tanam (M Rofiq/detikTravel)Tradisi ini dilakukan warga Tapal Kuda untuk menyambut musim tanam (M Rofiq/detikTravel)
Selain itu, sapi brujul juga diberikan racikan jamu dari akar dedaunan berkhasiat ditambah 50 butir telur ayam, guna mendongkrak stamina sapi yang akan dikerap di ajang adu kecepatan sapi brujul.

"Biasanya latihan dulu, Pak. Sapi juga dikasih ramuan jamu biar lebih bertenaga saat berlari," jelasnya pada detikTravel, Senin (25/02/19).

Senada disampaikan Teguh (20), joki karapan sapi lainnya. Menurutnya, kerapan sapi brujul sudah biasa dilakukan sebagai persiapan sebelum melakukan tanam padi.

Jokinya pun datang dari berbagai daerah dan tak dibatasi umur (M Rofiq/detikTravel)Jokinya pun datang dari berbagai daerah dan tak dibatasi umur (M Rofiq/detikTravel)
Sementara dalam aksinya, para peserta karapan sapi brujul membalap arena pacuan sepanjang 100 meter dengan lebar seluas 50 meter. Sedikitnya, tak kurang dari 10 peserta ikut dalam kerapan sapi brujul kali ini. Mereka berasal dari sejumlah daerah di Jawa Timur, di antaranya Lumajang, Situbondo, Jember dan lainnya.

Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin yang turut hadir dalam kerapan sapi brujul mengatakan, jika kerapan sapi brujul merupakan bagian kearifan lokal warga Tapal Kuda Jawa Timur.

Pihak Pemkot akan melestarikan tradisi ini ke depannya (M Rofiq/detikTravel)Pihak Pemkot akan melestarikan tradisi ini ke depannya (M Rofiq/detikTravel)
Oleh karenanya, ke depan Pemerintah Kota Probolinggo akan terus melestarikannya. Selain sudah menjadi ikon masyarakat Kota Mangga, ke depan kerapan sapi brujul akan dijadikan salah satu tempat wisata di Probolinggo.

"Kerapan sapi brujul ini sangat menarik, sangat berpotensi bagi dunia pariwisata. Tentunya jika dikemas sebaik mungkin, bisa menjadi salah satu pendongkrak ekonomi masyarakat,"paparnya.

Menurutnya, guna meningkatkan potensi kerapan sapi brujul ke depan akan disediakan arena khusus untuk lomba kerapan sapi brujul. (rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Liburan Sekolah di Sea World Ancol

Selasa, 25 Jun 2019 06:50 WIB

Di Sea World Ancol, kita bisa liburan sekolah ditemani dengan aneka macam hewan laut. Bahkan kita bisa menyaksikan keseruan pemberian makan di akuarium.