Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 28 Feb 2019 19:01 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

7 Wisata Alam Terbaik di Indonesia

Tim detikTravel
detikTravel
7 Wisata Alam Terbaik di Indonesia (Andik Setiawan/d'Traveler)
Jakarta - Memang tidak bisa disangkal indahnya alam yang ada di Indonesia menjadi daya tarik utama para wisatawan yang datang. Turis asing pun semakin meningkat datang ke Indonesia.

Tempat mana saja yang bisa direferensikan yang bisa Anda kunjungi karena keindahan alamnya serta tempat yang menarik? Nah berikut ini informasi wisata pemandangan alam terbaik di Indonesia :

1. Danau Toba

7 Wisata Pemandangan Alam Terbaik di IndonesiaFoto: (Lidya Hidayati/d'Traveler)


Danau Toba merupakan tempat wisata dengan pemandangan alam indah pertama yang masuk dalam tempat wisata terbaik di Indonesia yang tidak boleh Anda lewatkan. Di danau kawah besar ini Anda bisa mengelilingi tempat yang ukurannya sangat besar. Jika dibandingkan dengan Singapura maka Danau Toba memiliki luasan yang hampir serupa. Dengan luas lebih dari 1.145 kilometer persegi dan kedalaman 450 meter, Danau Toba sebenarnya lebih mirip lautan.

Selain itu Danau Toba memiliki suasana yang sejuk dengan ketinggian 900 mdpl. Di sana juga merupakan tempat yang tepat untuk bersantai sambil menikmati pemandangan yang indah. Jika Anda berkunjung atau berwisata ke Pulau Samosir, maka sempatkan untuk pergi ke danau ini dan mengelilingi tepi danaunya menggunakan sepeda atau motor.

2. Pulau Belitung

7 Wisata Pemandangan Alam Terbaik di IndonesiaFoto: Ratna Pertiwi/d'Traveler


Pemandangan alam selanjutnya yang difavoritkan rajin dikunjungi wisatawan adalah Pulau Belitung. Tempat wisata ini sangat indah bahkan hingga diangkat ke sebuah film layar lebar.

Tempat ini menawarkan berbagai pantai dengan pasir putih yang dikombinasikan dengan pohon kelapa, bebatuan granit nan eksotis, air laut sejernih kristal yang dikelilingi oleh ratusan pulau-pulau kecil yang tidak bisa didapatkan di tempat lainnya. Pulau ini menyimpan banyak sekali keindahan yang bisa dijadikan salah satu pusat pariwisata utama Indonesia.

3. Karimunjawa

7 Wisata Pemandangan Alam Terbaik di IndonesiaFoto: (Tri Wahyuni/d'Traveler)


Karimunjawa merupakan kepulauan kecil yang membentuk kawasan konservasi laut di utara Jawa Tengah. Jika datang ke sini, maka Anda bisa melihat hutan mangrove dan hutan bakau yang dijaga oleh pemerintah. Kegunaan hutan itu sangatlah besar, mulai dari penguatan pasir, kesterilan air laut, dan lain sebagainya. Di sisi lain Karimunjawa memiliki pesona bawah laut yang menawan.

Banyak hal-hal menarik yang bisa Anda lakukan, mulai dari menjelajahi pulau, menyelam, menikmati keindahan pantai, berpetualang di hutan bakau serta lain sebagainya. Sebaiknya Anda datang saat musim kemarau dan hindari musim hujan karena angin dan ombaknya cukup besar. Di Karimunjawa Anda bisa menemukan berbagai hewan langka seperti halnya elang laut dada putih, penyu hijau, dan penyu sisik.

4. Green Bay

7 Wisata Pemandangan Alam Terbaik di IndonesiaFoto: (Windra Aristiana/d'Traveler)

Ingin pemandangan alam yang indah dan instagramable? Anda bisa mengunjungi tempat wisata bernama Teluk Hijau atau Green Bay. Tempat ini masuk ke dalam salah satu pantai terindah di Banyuwangi, bahkan di Indonesia. Bukan tanpa sebab, karena air lautnya yang cenderung lebih berwarna kehijauan, makanya kawasan wisata ini dinamakan Teluk Hijau. Jika berlibur di sini maka mata Anda akan dimanjakan oleh warna air laut di teluk ini yang berwarna kehijauan, bebatuan yang terhampar di pinggir pantai, dan bukit-bukit karang yang mengitari teluk ini. Di sisi lain Green Bay menjadi hidden spot atau tempat tersembunyi yang ada di Indonesia.

5. Pura Uluwatu

7 Wisata Pemandangan Alam Terbaik di IndonesiaFoto: (Syanti/detikTravel)


Pura Uluwatu masuk kategori tempat wisata yang luar biasa indah, disertai dengan pemandangan alam yang tidak terkalahkan. Bali memang sudah populer di telinga dunia akan keindahan pantai dan lain sebagainya. Pura Uluwatu masuk ke dalam salah satu dari enam pura utama yang diyakini sebagai pilar spiritual masyarakat Hindu Bali. Sebagai objek wisata, pura ini terkenal karena lokasinya yang berada di tepi laut di atas tebing curam setinggi 70 mdpl. Karena itu Anda harus berhati-hati ketika memutuskan untuk berlibur ke sini. Kawasan ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati keindahan matahari terbenam di Bali. Di kawasan ini wisatawan juga dapat menikmati berbagai pertunjukan kesenian seperti halnya pertunjukan Tari Kecak yang diadakan setiap hari (dari senja hingga malam), sambil menikmati suasana sunset. Mengenai makanan Anda juga bisa menikmati berbagai kuliner yang ada baik makanan yang halal maupun yang non halal.

6. Kepulauan Derawan

7 Wisata Pemandangan Alam Terbaik di IndonesiaFoto: (Afif/detikTravel)


Sebagian dari Anda sudah pasti tidak asing lagi mendengar Kepulauan Derawan? Kepulauan yang terdiri dari 4 pulau utama, yaitu Pulau Derawan, Maratua, Kakaban, dan Sangalaki ini masuk ke dalam salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO yang terdapat di Indonesia. Kepulauan yang secara administratif ini masuk ke dalam wilayah Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, ini merupakan salah satu tempat menyelam terbaik di kawasan Kalimantan.

Kepulauan ini terkenal akan keindahan pantai atau pemandangan alamnya, sehingga menarik perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara. Jika Anda menikmati berenang dan menyelam di sini, Anda bisa melihat keindahan pantainya serta berkunjung ke penangkaran penyu termasuk 2 penyu langka (penyu sisik dan penyu hijau), atau bersama ubur-ubur di Danau Kakaban di Pulau Kakaban.

Namun perlu diingat bahwa Kepulauan Derawan memiliki jarak cukup jauh, sehingga Anda memerlukan tenaga ekstra untuk berlibur ke sana.

7. Malino

7 Wisata Pemandangan Alam Terbaik di IndonesiaFoto: (Ibnu Munsir/detikTravel)

Jika tinggal di area Timur Indonesia, maka Anda wajib mengunjungi perkebunan teh bernama Malino. Tempat ini berupa desa kecil yang dikelilingi oleh perkebunan teh. Malino juga menjadi tempat liburan yang sangat ideal untuk bisa menenangkan diri dan juga terletak di atas awan, sekitar 90 km dari Makassar di dataran tinggi, di Gunung Malino. Malino bisa dikatakan sebagai tempat wisata alam yang tersembunyi dan jarang dikenali. Namun setelah Malino banyak diposting di Instagram, banyak orang yang senang datang ke sini. Anda bisa melihat berbagai pemandangan alam terhampar dan perkebunan teh dataran tinggi, pemandangan kebun teh, awan yang menyelubungi beberapa tempat dan sejuknya angin gunung menanti Anda di sana. Di sana juga terdapat kedai-kedai yang menyediakan makanan dan minuman hangat untuk menemani Anda menikmati pemandangan alam yang indah. Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kelaparan.

Itulah deretan tempat wisata alam yang indah dan eksotis yang dimiliki Indonesia. Masih banyak lagi tempat yang belum terjamah dan masih belum tereksplor. Hal yang paling penting adalah usahakan untuk tidak merusak wisata atau pemandangan alam yang ada, karena tempat ini digunakan untuk generasi kita selanjutnya. (nwy/fay)
BERITA TERKAIT