Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 28 Feb 2019 19:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

10 Tempat Wisata Menarik di Bandung

Tim detikTravel
detikTravel
Foto: (Syanti/detikTravel)
Foto: (Syanti/detikTravel)
Jakarta - Siapa yang tidak kenal dengan Kota Bandung? Ibu kota Jawa Barat ini memang sangat terkenal akan areanya yang penuh dengan tempat wisata dan makanan yang sangat enak.

Bagi Anda yang tinggal di luar Bandung, tentu saja ingin jalan-jalan ke kota ini. Terlebih karena suasana yang sejuk dan mudahnya mendapatkan tempat wisata atau makanan yang beragam.

Namun karena terlalu banyaknya tempat wisata, seringkali pengunjung merasa bingung harus pergi ke mana atau menggunakan transportasi apa.

Tidak perlu khawatir karena berikut ini beberapa referensi bagi Anda yang ingin mengunjungi Kota Bandung dan sekitarnya:

1. Situ Cileunca

Tempat wisata pertama yang bisa Anda kunjungi bernama Situ Cileunca. Tak salah rasanya banyak orang Bandung menjuluki kotanya ini sebagai salah satu kota romantis Ada banyak destinasi atau tempat wisata yang menawarkan atmosfer menghipnotis. Di sisi lain nikmat rasanya jika Anda mengunjungi tempat ini bersama keluarga atau orang terdekat, sehingga dapat memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Situ Cileunca merupakan salah satu spot lokasi yang terkenal akan keromantisannya. Tempat ini hampir serupa dengan kebun teh Pangalengan.

Pemandangan serta area wisata yang sangat natural dan menyenangkan menjadi daya tarik tersendiri tempat ini. Jika Anda ingin berjalan jalan santai sembari mengagumi keindahan, Situ Cileunca menjadi salah satu tempat yang cocok dan sesuai.

2. Tebing Masigit Padalarang

Tempat wisata selanjutnya yang direferensikan ketika Anda datang ke Bandung yakni Tebing Masigit Padalarang. Tempat ini cocok untuk Anda yang hobi memacu adrenalin sekaligus berlibur. Lokasinya ada di Padalarang tepatnya di Tebing Masigit yang merupakan perbatasan antara Kota Bandung dan Kabupaten Padalarang.

Kawasan ini memiliki sederet tebing karst, yang biasa dijadikan sebagai arena uji ketangkasan para pegiat olahraga panjat tebing lain. Jika tidak ingin memanjat tebing maka Anda bisa menikmati pemandangannya dan berfoto di atas hammock yang digantung di antara dua tebing tersebut. Keamanan tempat ini tentu saja sudah teruji, sehingga Anda tidak perlu khawatir.



3. Floating Market

9 Tempat Wisata Menarik di Kota BandungFoto: (Asri Vernon/d'Traveler)


Siapa bilang Pasar Apung hanya ada di Kalimantan atau di Thailand? Ternyata Bandung memiliki floating market yang menjadi salah satu destinasi wisata untuk berlibur maupun kulineran.

Belum ke Bandung rasanya jika Anda belum mampir ke floating market. Khususnya bagi Anda yang ingin berwisata dan menikmati kuliner yang ada di Bandung. Tanpa perlu mengunjungi berbagai tempat ataupun daerah yang berbeda-beda, di floating market ini Anda bisa menemukan berbagai makanan yang tersedia dan mudah untuk dijangkau.

Sesuai dengan namanya floating market ada di kawasan Lembang. Tempat wisata ini memang tergolong baru karena baru dibuka pada tahun 2012. Lalu pengunjung bisa berjalan-jalan menikmati indahnya pemandangan sekitar ditambah dengan mencoba kuliner lezat yang ditawarkan oleh pedagang yang tinggal di area tersebut.

4. Tebing Keraton

9 Tempat Wisata Menarik di Kota BandungFoto: (Gandung Adi Wibowo/d'Traveler)


Tebing Keraton merupakan salah satu tempat wisata yang seringkali dikunjungi oleh anak muda ataupun keluarga. Tempat ini menawarkan pemandangan dari ketinggian.

Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat yang cocok untuk melihat pemandangan indah Kota Bandung secara keseluruhan. Puncak lokasi ini bisa membantu Anda melihat hamparan kawasan hutan Kota Kembang dan menikmati sinar mentari yang memanjakan tubuh.

Namun harus diketahui bahwa jalan menuju Tebing Keraton tidaklah terlalu mulus atau bagus. Butuh usaha ekstra untuk bisa mencapai tempat ini.

Namun jika Anda tertarik untuk berlibur ke tempat yang memacu adrenalin, maka tempat ini pilihan yang tepat untuk berwisata. Anda juga tidak perlu khawatir kantong akan bolong karena biaya masuk ke Tebing Keraton hanya perlu membayar sekitar Rp 11.000 saja.



5. Grafika Cikole

9 Tempat Wisata Menarik di Kota BandungFoto: (grafikacikole.com)


Kabut yang menyelimuti Bandung membuat Kota Kembang menawarkan suasana mirip di luar negeri. Salah satu tempat wisata yang bisa Anda kunjungi bernama Grafika Cikole.

Destinasi wisata hits di Paris Van Java ini memang memiliki atmosfer yang syahdu yang tidak kalah menenangkan dan menyenangkan, seperti halnya di Selandia baru. Selain mengagumi keindahan alamnya, bagi Anda yang ingin mencoba berbagai wahana di Grafika Cikole ini bisa dinikmati dengan cara yang mudah dari outbound flying fox, flying board, dan masih banyak lagi yang dijadikan untuk destinasi liburan bersama sahabat dan beberapa keluarga.

6. Farmhouse Lembang

9 Tempat Wisata Menarik di Kota BandungFoto: (Nfadils/d'Traveler)


Grafika Cikole nuansa Eropa bisa Anda temui jika berkunjung di Farmhouse Lembang Bandung. Bahkan sejumlah bangunan yang ada di Farmhouse sengaja dibangun dengan bentuk bangunan khas Eropa abad pertengahan. Sesuai dengan namanya lokasi ini sejatinya sebenarnya sebuah peternakan dan pusat pengolahan susu yang nantinya akan didistribusikan kepada masyarakat ataupun para pengunjung.

Kebanyakan pengunjung yang datang ke Farmhouse Lembang tujuannya adalah foto-foto atau menikmati makanan yang ada di sana. Selain itu Anda juga bisa menikmati petualangan asyik seperti halnya rumah. Bagi Anda yang ingin mengisi waktu keluarga ataupun quality time bersama anak-anak juga bisa menikmati pemandangan atau susu segar, sembari duduk-duduk dan jangan lupa untuk membawa jaket karena memang cukup dingin dan anginnya kencang.

7. Curug Malela

Jika berbicara tentang air terjun maka seringkali masyarakat menyebut area Bogor. Namun perlu diketahui bahwa Bandung juga memiliki Curug yang tidak kalah indahnya.

Bahkan sering disandingkan dengan keindahan Air Terjun Niagara yang ada di luar negeri. Sebelum mengunjungi Curug Malela pastikan fisik Anda sangat baik karena perlu perjuangan ekstra. Sesampainya di sana Anda akan dimanjakan dengan megahnya aliran air dengan ketinggian 70 meter. Curug ini semakin terkenal setelah banyak pengunjung menggunakan foto dan menjadikan curug Malela sebagai salah satu area yang Instagramable sekaligus spot foto yang sangat bagus.

8. Dago Dream Park


9 Tempat Wisata Menarik di Kota BandungFoto: (Wisma Putra/detikTravel)


Tempat wisata di Bandung ini umurnya terhitung baru. Namun sudah cukup populer dan banyak dikunjungi.

Dago Dream Park ada di area Dago Giri, tidak jauh dari pusat kota sehingga mudah dijangkau. Tempat ini cocok banget buat Anda yang mencari tempat wisata di Dago.

Areanya juga keren banget untuk foto-foto. Apalagi saat malam, cahaya lampu membuat indah tempat ini.

9. The Lodge Maribaya Lembang

The Lodge Maribaya Bandung masih bisa dibilang sebagai tempat wisata baru di Bandung. Tempatnya instagrammable karena kelilingi oleh pegunungan dengan hutan pinus yang khas, udara, dan suasana yang segar banget.

Pengunjung juga bisa melakukan berbagai akitivitas seperti camping, trekking, atau hanya sekadar refreshing menikmati kuliner.

10. Orchid Forest Cikole

9 Tempat Wisata Menarik di Kota BandungFoto: (Syanti/detikTravel)


Anda suka bunga anggrek? Kalau suka Anda wajib ke sini. Tempat yang dikelilingi oleh hutan Pinus ini berada di lahan 14 hektare yang terdapat koleksi 157 anggrek langka dari seluruh dunia. Di sini pengunjung bisa mempelajari cara budidaya Anggrek dan membelinya langsung.

Nah sesudah tahu tempat wisata di Bandung tidak perlu bingung lagi. Anda tinggal pilih tempat sesuai selera. Tentu lebih mudah jika Anda mengunjungi kota Bandung saat weekday karena ketika weekend tiba akan sangat ramai dan macet. Di sisi lain hindari mengunjungi saat musim hujan karena Bandung memiliki curah hujan yang cukup tinggi. Selamat liburan! (nwy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA