Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 03 Mar 2019 22:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kisah Pohon Pengantin di Salatiga

Aji Kusuma
detikTravel
Pohon Pengantin di Salatiga (Aji Kusuma/detikTravel)
Pohon Pengantin di Salatiga (Aji Kusuma/detikTravel)
Aji Kusuma - Jika bosan menikmati wisata mainstream, tak ada salahnya mampir sebentar ke Desa Pulutan, Salatiga. Di sana ada pohon tunggal di tengah sawah.

Ada satu hal yang menjadi identitas khas Sawah Desa Pulutan. Yaitu, adanya pohon tunggal di tengah-tengah Sawah, Pohon Pengantin.

Di Desa Pulutan, menghampar luas sawah bak permadani. Pemandangan menjadi semakin indah saat suasana cerah, sebab Gunung Telomoyo dan Merbabu kokoh menampakkan wujudnya di kejauhan. Pemandangan alami yang sangat cocok menjadi latar mengambil foto.

Entah sejak kapan Pohon Pengantin itu tumbuh. Puryanti, warga Desa Pulutan, menjelaskan jika dulu ada dua pohon di lokasi itu, tetapi sayang satu di antara pohon itu sudah ditebang sejak lama.

(Aji Kusuma/detikTravel)(Aji Kusuma/detikTravel)
"Dari saya kecil, pohon itu sudah ada, Mas. Makanya disebut Pohon Pengantin, karena sepasang," papar Puryanti sembari menyiangi sawah miliknya.

Pohon pengantin tumbuh dengan batang yang unik. Sebab, batang pohon pengantin yang paling besar tumbuh meliuk, seolah membentuk tempat duduk alami. Nah, di atas batang inilah, pengunjung dapat mengambil foto instagramable.

Mengambil foto dari jarak jauh, akan menampakkan suasana asri persawahan Desa Pulutan. Apalagi jika sore hari, semburat kuning matahari semakin menambah dramatik pencahayaaan kala mengambil foto.

(Aji Kusuma/detikTravel)(Aji Kusuma/detikTravel)
Paduan warna alami padi yang mulai kekuningan membentuk keindahan warna natural. Itu berbaur dengan sinar matahari.

Akses menuju lokasi pohon pengantin cukup mudah. Sebab, destinasi Pohon Pengantin sudah tedekteksi di aplikasi pencarian tempat google maps.

Kendaraan roda dua maupun roda empat juga bisa mengakses, bahkan oleh warga setempat sudah disediakan lahan parkir.

Untuk sekadar menumpang foto dan menikmati sore di lokasi Pohon Pengantin, tak perlu merogoh kocek, alias gratis. Silakan mampir dan tetap jaga keasriannya ya! (rdy/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA