Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 04 Mar 2019 23:25 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Tahukah Kamu, Trenggalek Punya Tebing Eksotis

Adhar Muttaqin
detikTravel
Foto: Wisata Tebing Lingga di Trenggalek (Adhar Muttaqin/detikTravel)
Foto: Wisata Tebing Lingga di Trenggalek (Adhar Muttaqin/detikTravel)
Trenggalek - Liburan ke Trenggalek, kamu harus menikmati wisata alam tebing cantik ini. Namanya Wisata Alam Tebing Lingga, tebing dengan hamparan hijau nan indah.

Trenggalek merupakan daerah di Jawa Timur yang dikelilingi gunung dan perbukitan, namun di balik itu ternyata menyimpan berbagai spot menarik untuk kunjungi sekedar untuk menghilangkan stres atau mengisi hari libur. Salah satunya adalah Wisata Tebing Lingga (WTL) yang berada di kaki tebing batu setinggi 300 meter.

Wisata Tebing Lingga berada sekitar 20 Kilometer dari pusat Kota Trenggalek, yang dapat ditempuh dengan mudah oleh mobil maupun sepeda motor. Di sepanjang jalan menuju lokasi wisata pengunjung akan menikmati jalan berliku serta alam perbukitan yang menarik.

(Adhar Muttaqin/detikTravel)(Adhar Muttaqin/detikTravel)
Begitu sampai di kawasan Tebing Lingga, sebuah tebing batu setinggi 300 meter akan menyambut setiap pengunjung yang datang. Suasana alam pedesaan yang berbalut nyanyian alam seolah menyihir wisatawan. Kondisi alam yang bersih dan jauh dari polusi merupakan idaman bagi setiap orang.

Salah seorang pengelola WTL, Fals Yudhistira, mengatakan di lokasi tersebut pihaknya menawarkan berbagai fasilitas untuk menikmati pesona Tebing Lingga. Mulai dari gardu pandang, sungai yang bisa untuk bermain, taman bermain anak, hingga wahana pemacu adrenalin berupa flying fox.

"Kami ingin pengunjung itu menikmati alam sekaligus menambah wawasan, makanya di sini kami juga kami sediakan perpustakaan dengan berbagai buku bacaan. Jadi sambil bersantai pengunjung juga bisa menambah asupan nutrisi otak, rekreasi dan berliterasi," kata Fals Yudistira, Senin (4/3/2019).

(Adhar Muttaqin/detikTravel)(Adhar Muttaqin/detikTravel)
Aliran sungai yang membentang di bawah Tebing Lingga menjadi salah satu spot yang banyak dimanfaatkan oleh anak-anak maupun keluarga untuk bermain. Keberadaan sungai tersebut tentu mengingatkan hiburan masa kecil generasi sebelum 2000-an.

"Khusus untuk spot di sungai bisa dinikmati saat tidak turun hujan, karena kalau hujan, airnya deras. Sekarang yang ramai adalah flying fox, panjang lintasannya lebih dari 100 meter," imbuhnya.

Fals mengaku akan terus melakukan inovasi agar bisa memanjakan para pengunjung yang datang. Peningkatan fasilitas yang berdekatan dengan alam akan diupayakan, sehingga wisatawan tidak merasa cepat bosan saat datang ke Tebing Lingga.

"Kami bersyukur saat ini jumlah pengunjung yang datang terus bertambah, baik dari dalam maupun luar kota. Teman-teman komunitas sepeda maupun motor banyak juga yang ke sini, karena kebetulan lokasinya dekat dengan jalan nasional Trenggalek-Pacitan. Biasanya saat touring mampir ke sini," jelasnya.

(Adhar Muttaqin/detikTravel)(Adhar Muttaqin/detikTravel)
Salah seorang pengunjung, Widyawati mengaku kagum dengan perkembangan dan kondisi wisata alam tersebut. Salah satu spot yang ia gemari adalah gardu pandang, di lokasi itu pengunjung bisa berswafoto dengan latar tebing yang menjulang tinggi.

"Di sini kita menikmati ciptaan Yang Maha Kuasa, kalau foto di gardu pandang itu kita ini kelihatan kecil, di situlah kita akan bersyukur tentang ciptaan Tuhan. Di sini nyaman buat nongkrong, ini sekaligus satu-satunya taman yang ada di Kecamatan Suruh," kata Widya.

Pihaknya berharap, kebersihan lokasi wisata tetap dijaga, selain itu penambahan fasilitas penunjang juga sangat diperlukan. "Kalau fasilitas MCK, tempat ibadah sepertinya sudah standar dan menandai juga, kemudian jogging track juga ada, mungkin gazebo yang di bawah ditambah lagi," tutupnya.


Simak Juga 'Warga Trenggalek Temukan Benda Kuno Peninggalan Majapahit':

[Gambas:Video 20detik]


Tahukah Kamu, Trenggalek Punya Tebing Eksotis
(sym/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED