Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 05 Mar 2019 16:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Fakta Tentang Desa Tertinggi di Pulau Jawa

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Desa Sembungan di Wonosobo (Randy/detikTravel)
Desa Sembungan di Wonosobo (Randy/detikTravel)
Wonosobo - Desa Sembungan di Wonosobo disebut-sebut sebagai desa tertinggi di Pulau Jawa. Berikut aneka faktanya.

Beberapa waktu lalu detikTravel sempat berkunjung ke Desa Sembungan yang didapuk sebagai desa tertinggi di Pulau Jawa. Dihimpun detikTravel, Selasa (5/3/2019), berikut fakta-fakta unik tentang desa tersebut.

1. Berada di Ketinggian 2.300 Mdpl

Ada di ketinggian 2.300 Mdpl (Randy/detikTravel)Ada di ketinggian 2.300 Mdpl (Randy/detikTravel)
Diketahui, Desa Sembungan berada di ketinggian 2.300 Mdpl. Lokasinya memang lebih tinggi dari Dataran Tinggi Dieng yang disebut sebagai Negeri di Atas Awan.

2. Lebih Tinggi dari Candi Arjuna

Berlokasi tak begitu jauh dari komplek Dataran Tinggi Dieng, membuat desa ini tak kalah tinggi. Faktanya, Desa Sembungan lebih tinggi ketimbang komplek Candi Arjuna yang berada di ketinggian 2.093 Mdpl.

3. Diklaim Masyarakat Lokal

Ketua Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) setempat, Ngaizudin (Randy/detikTravel)Ketua Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) setempat, Ngaizudin (Randy/detikTravel)
Penamaan Desa Sembungan sebagai Desa Tertinggi di Pulau Jawa tidak diberikan oleh organisasi atau badan resmi, melainkan klaim dari Ketua Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) setempat yang bernama Ngaizudin.

"Di sini kan mencapai 2.300 Mdpl, lalu kita lihat di Gunung Slamet tinggi tapi desanya di bawah, saya yakin saja kalau ini desa tertinggi di Pulau Jawa," ujar Ngaizudin pada detikTravel beberapa waktu lalu.

Atas dasar asumsi itu, Ngaizudin pun mem-branding Desa Sembungan sebagai yang tertinggi di Pulau Jawa. Tujuannya adalah untuk promosi wisata desa dan objek wisata di sekitarnya.

4. Gerbang Masuk Bukit Sikunir

Nama Bukit Sikunir sudah populer sebagai spor berburu sunrise terbaik di Dieng. Namun, traveler sudah pasti akan melewati Desa Sembungan lebih dulu. Sadar atau tidak sadar.

5. Temperatur Udaranya Sampai Minus

Saat ramai fenomena embun es di Dieng beberapa waktu, Desa Sembungan pun turut dilanda hal yang sama. Di musim kemarau, suhu di Dieng bisa drop sampai minus derajat.

Fakta Tentang Desa Tertinggi di Pulau Jawa
(sna/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED