Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 07 Mar 2019 21:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini Rekomendasi Tempat Wisata Wajib di Tambrauw, Papua Barat

Bona
detikTravel
Foto: Bukit Sontiri (Bonauli/detikTravel)
Foto: Bukit Sontiri (Bonauli/detikTravel)
Tambrauw - Selain Raja Ampat, Papua Barat punya Kabupaten Tambrauw yang tak kalah eksotis. Alam dan budayanya juara, ini aneka tempat wisata wajib di Tambrauw.

Kabupaten Tambrauw di Papua Barat, menjadi daerah pertama dalam daftar pers tour Kemenpar 2019. Sudah bangun akses untuk dijangkau, Tambrauw buka diri untuk pariwisata.

"Surga dimulai dari Tambrauw. Tambrauw tidak kalah dengan Raja Ampat, ada banyak hal yang ditawarkan. Mulai dari budaya sampai alam," ujar Gabriel Asem, Bupati Tambrauw, Selasa (5/3/2019) di Pantai Kampung Sauorian, Tambrauw.

Ini dia rekomendasinya:

1. Air Terjun Anenderat
(Bonauli/detikTravel)(Bonauli/detikTravel)
Benar saja. Alam Tambrauw yang indah sayang untuk dilewatkan dari bucket list traveler. Dimulai dari alamnya, Tambrauw punya Air Terjun Anenderat yang sangat cantik di daerah Miah.

2. Bukit Sontiri
(Bonauli/detikTravel)(Bonauli/detikTravel)
Kemudian ada Bukit Sontiri yang punya sarang laba-laba setiap pagi di Kebar. Dekat Bukit Sontiri, traveler bisa berendam di pemandian air panas alami.

3. Pulau Dua

Untuk traveler yang butuh vitamin sea, ada Pulau Dua yang harus dikunjungi. Selain punya pantai cantik dan taman laut, Pulau Dua menyiapkan taman laut dan ombak terbaik dari Samudera Pasifik bagi pecinta surfing.

4. Peninggalan PD II
(Bonauli/detikTravel)(Bonauli/detikTravel)
Yang tidak ada duanya, Tambrauw pernah menjadi pangkalan militer Amerika Serikat saat Perang Dunia II. Peninggalan berupa tank dan pesawat tempur ada di bawah laut Pulau Dua dalam bentuk wreck. Pecinta diving siap-siap dibuat kagum dengan wreck ini.

Selain dalam bentuk wreck, tank dan helikopter juga ada di dalam hutan Tambrauw. Hanya 30 menit dari Kota Tambrauw, traveler bisa treking melihat bangkai tank milik sekutu.

5. Burung Cendrawasih

Belum lengkap liburan ke Papua kalau tidak lihat burung cendrawasih. Aneka jenis cendrawasih khas Tambrauw bisa traveler nikmati dalam wisata bird watching.

"Bukan cuma cendrawasih, Tambrauw juga punya kangguru pohon. Ada banyak jenisnya dari yang kecil sampai agak besar," ujar Gabriel.

6. Pantai Jeen Wowom
(Bonauli/detikTravel)(Bonauli/detikTravel)
Jangan buru-buru pulang kalau sudah di Tambrauw. Sempatkan diri mampir ke Pantai Jeen Womom atau dikenal dengan nama Pantai Batu Rumah. Pantai ini menjadi rumah bagi penyu-penyu belimbing yang langka untuk bertelur.

Banyak sekali kan? Rupanya Kabupaten Tambrauw berkomitmen untuk memajukan wisata ecotourism atau pariwisata yang konservatif.

"Alam itu sebagai ibu yang harus di jaga. Sehingga ke depannya, pariwisata juga memberikan hasil baik kepada masyarakat Tambrauw," jelas Gabriel. (bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED