Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 09 Mar 2019 22:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ada Air Terjun Cantik di Dekat Candi Borobudur

Eko Susanto
detikTravel
Foto: Curug Delimas di Kabupaten Magelang (Eko Susanto/detikTravel)
Foto: Curug Delimas di Kabupaten Magelang (Eko Susanto/detikTravel)
Magelang - Destinasi wisata di Magelang tak hanya Candi Borobudur. Traveler yang ingin menghabiskan waktu dengan main air bisa mampir ke Curug Delimas yang masih alami.

Bagi traveler yang datang dari luar Magelang, jika mengendarai sepeda motor maupun mobil pribadi bisa sampai lokasi parkiran. Wisata Curug Delimas tepatnya berada di Dusun Kuadaan, Desa Girimulyo, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang. Perjalanan dari Kota Magelang, traveler menuju arah Bandongan dan hingga lokasi sekitar 30 menit.

Sekali pun dari Kota Magelang ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit, tapi sepanjang perjalanan traveler disuguhi panorama alam yang indah. Traveler bisa melihat keindahan alam dan panorama Gunung Sumbing dari kejauhan.

Kemudian, setelah melewati kawasan Bandongan, nantinya akan menjumpai hamparan tanaman sayuran di sepanjang jalan baik sisi kanan maupun kiri lereng Gunung Sumbing tersebut. Bahkan papan penunjuk arah menuju Curug Delimas telah terpasang.

Lokasinya ada di Dusun Kuadaan, Desa Girimulyo, Kecamatan Windusari (Eko Susanto/detikTravel)Lokasinya ada di Dusun Kuadaan, Desa Girimulyo, Kecamatan Windusari (Eko Susanto/detikTravel)
Saat sampai di kawasan ini pun, pengunjung langsung disambut dengan hawa sejuk dan pemandangan yang masih asri di ketinggian 1.200 mdpl. Jika saat beruntung dan tidak berkabut, bisa melihat keindahan Gunung Sumbing yang memesona. Traveler juga akan menemukan tulisan besar Delimas.

Untuk memasuki kawasan ini, pengunjung cukup membayar tiket masuk Rp10.000, parkir sepeda motor Rp 3.000 dan mobil Rp 6.000. Tiket masuk lokasi wisata ini sudah termasuk asuransi.

Panorama alam Magelang dari ketinggian (Eko Susanto/detikTravel)Panorama alam Magelang dari ketinggian (Eko Susanto/detikTravel)
Kemudian dari lokasi parkiran menuju Curug Delimas, pengunjung harus ekstra hati-hati karena jalannya yang sempit. Dari lokasi parkiran hingga curug ini jalan kaki sekitar 15 menit, nantinya disuguhi dengan pemandangan alam yang menghijau. Air pun masih bersih dan lokasi yang masih alami di curug ini pun bisa untuk berfoto-foto maupun selfie.

BACA JUGA: Magelang Tak Cuma Borobudur

Selain Curug Delimas yang menjadi ikon, pengelola wisata ini juga menyediakan sejumlah spot selfie yang Instagramable. Spot selfie yang tersedia ada 15 spot di antaranya rumah pohon, sangkar burung, ayunan, gardu pandang dengan ketinggian 17 meter, kapal laut, gazebo, bumi gantung, vespa, kincir angin dan lainnya. Untuk pengelolaan wisata ini dilakukan Bumdes Giri Indah, Desa Girimulyo, Kecataman Windusari.

"Ikon di sini Curug Delimas. Airnya curug mengalir dari mata air Gunung Sumbing. Ada yang curug atas dan bawah," kata Sodiqin (31), salah satu pengelolanya saat ditemui detikTravel, Kamis sore (7/3/2019).

Lokasi spot selfie yang disediakan pengelola (Eko Susanto/detikTravel)Lokasi spot selfie yang disediakan pengelola (Eko Susanto/detikTravel)
Wisata Curug Delimas ini, sekali pun baru dibuka resmi sejak 2017, namun pengunjungnya telah banyak. Para pengelola memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan hingga turis mancanegara pun mengenalnya.

Pengelola lainnya, Sarwan (40), menambahkan, untuk mempromosikan memanfaatkan media sosial yang ada dan dibuka resmi tahun 2017. Untuk data pengunjung pada tahun 2018 sebanyak 26.000 pengunjung. Sedangkan pengunjung pada bulan Januari 2019 ini ada 1.400-an dan bulan Februari 2019 ada 960 pengunjung.

Turis yang datang di lokasi wisata ini pun berasal dari berbagai daerah, sekali pun mayoritas masih lokal Magelang.

"Untuk hari-hari biasa rata-rata 100 pengunjung, tapi kalau weekend bisa 300-500 pengunjung. Turis mancanegara dari New Zealand, Brunei dan Malaysia pernah ke sini," tuturnya.

Salah satu pengunjung, Tri Wahyuni (22), warga Tempuran, Magelang mengakui, tahu lokasi ini dari medsos. Ia yang datang bersama tiga orang temannya sempat berfoto-foto maupun selfie di Curug Delimas.

"Kami tahu dari medsos. Kami datang ke sini berempat," ujar dia.

Pengunjung lainnya, Iqsom menambahkan, jalan masuk dari lokasi parkiran menuju lokasi curug ini perlu diperbaiki.

"Jalan masuk menuju curug ini perlu perbaiki," katanya. (rdy/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA