Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 10 Mar 2019 16:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Saat Bekas Tambang di Bangka Disulap Jadi Tempat Wisata

Deni Wahyono
detikTravel
Foto: (Deni Wahyono/detikTravel)
Foto: (Deni Wahyono/detikTravel)
Pangkalpinang - Di Bangka ada kawasan eks lahan tambang timah yang disulap jadi destinasi mining tourism (pariwisata pertambangan). Cocok buat liburan nih!

Namanya kampung reklamasi Aik Jangkang berada di Dusun Sinar Rembulan, Desa Riding Panjang, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Pulau Bangka. Untuk menuju kawasan lahan bekas tambang timah tersebut, wisatawan hanya memerlukan waktu 25 menit dari kota Pangkalpinang.

Lokasi yang memiliki luas 31 hektar ini dulunya bekas penambangan milik PT Timah Tbk. Kini disulap jadi taman rekreasi keluarga dan agrowisata dengan beragam fasilitas penunjang bagi wisatawan.

Meskipun kawasan wisata ini terbilang baru dibandingkan dengan tempat wisata yang ada di Bangka Belitung (Babel), kampung reklamasi eks tambang timah kini mulai banyak dikunjungi wisatawan, dilokasi ini wisatawan bisa melihat aneka jenias tanaman dan buah-buahan, seperti sayuran hidroponik, peternakan bioflok ikan lele dan beberapa penelitian tanaman.

Saat Bekas Tambang di Bangka Disulap Jadi Tempat WisataFoto: (Deni Wahyono/detikTravel)


Tak hanya itu, pengunjung juga bisa melihat beberapa habitat hewan langka dari bangka belitung yang dilestarikan dengan kandang, serta fasilitas istirahat dan tempat ibadah.

Salah satu pengunjung kampung reklamasi Aik Jangkang Dewi mengungkapan, tertarik untuk datang karena rasa penasaran ingin melihat lahan bekas tambang yang kini jadi tempat wisata.

"Tau dari media sosial, banyak yang menyebut kampung reklamasi air jangkang, penasaran jadi datang," jelas Dewi kepada detikTravel, Minggu (9/3/2019).

BACA JUGA: Tongaci, Pantai Paling Populer di Bangka

Menurutnya, kawasan eks tambang yang kini dijadikan tempat wisata cukup menarik, meskipun belum sepuhnya rampung tahap pembangunan.

"Ya baguslah, dijadikan tempat tujuan wisata bersama keluarga kedepannya," kata Dewi saat mengunjungi kampung reklamasi Aik Jangkang.

Saat Bekas Tambang di Bangka Disulap Jadi Tempat WisataFoto: (Deni Wahyono/detikTravel)


Terpisah, Direktur Utama PT. Timah Tbk Riza Pahlevi Tabrani mengatakan, awalnya di kawasana aik jangkang merupakan bekas tambang izin usaha pertambangan (IUP) mikik PT Timah dan kita lakukan reklamasi.

"Luasnya mencapai 31 hektare, ditanami buah-buahan, pelawan dan ketapang, sedangkan kolong (lubang bekas tambang) kita budaya ikan," jelas Riza.

Riza menjelaskan, kenapa dinamakan kampung reklamasi karena derah ini dijadikan tujuan tempat wisata nantinya jika sudah rampung pembangunannya. "Kedepan akan dijadikan tempat tujuan wisata baik wisatawan lokal maupun luar," ujarnya.

Ia menambahkan, selain untuk membudidaya ikan, kolong bekas tambang di kembangkan sebagai wisata air. "Pengunjung juga bisa berwisata air serta melihat habitat hewan langka dari bangka belitung yang dilakukan penangkaran," tambahnya.

Saat Bekas Tambang di Bangka Disulap Jadi Tempat WisataFoto: (Deni Wahyono/detikTravel)
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA