Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 14 Mar 2019 22:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kemping Asyik di Basecamp Gunung Ungaran, Sudah Pernah Belum?

Aji Kusuma
detikTravel
Foto: Gerbang Pendakian Gunung Ungaran (Aji Kusuma/detikTravel)
Foto: Gerbang Pendakian Gunung Ungaran (Aji Kusuma/detikTravel)
Semarang - Weekend ini camping di Semarang sepertinya menyenangkan. Datang saja ke Basecamp Pendakian Gunung Ungaran dan nikmati paginya.

Sebagai kota wisata, Semarang punya sajian destinasi wisata yang cukup lengkap. Mulai dari pantai hingga gunung dapat menjadi sasaran kunjungan bagi para pelancong.

Satu diantara tujuan wisata yang menarik adalah Basecamp Pendakian Gunung Ungaran yang berada di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Berada di ketinggian 1.000 Mdpl, suasana sejuk khas pegunungan bisa pengunjung rasakan di sini.

Kemping Asyik di Basecamp Gunung Ungaran, Sudah Pernah Belum?Foto: (Aji Kusuma/detikTravel)


Kendaraan roda empat maupun roda dua dapat mengakses ke lokasi basecamp. Sebab, selain mulus, jalan cor menuju lokasi cukup luas dan terdapat rambu-rambu penunjuk lokasi.

Matahari terbit sekitar pukul 05.20 WIB, saat detikTravel di pos pendakian. Kabut pagi masih enggan pergi menyelimuti bukit-bukit yang berjajar di bawah kami.

BACA JUGA: Tempat Sejuk di Kaki Gunung Ungaran, Semarang

Menunggu sinar matahari menghangat, kami berjalan mengitari hutan pinus. Tampak beberapa tenda berdiri diantara deretan hutan pinus. Tempat ini menjadi favorit bagi para pencari lokasi bertenda.

Biaya yang dibutuhkan untuk mendirikan tenda dan menikmati suasana basecamp pendakian adalah Rp 8.000. Rincian biaya itu meliputi parkir Rp 3.000 dan tiket masuk Rp 5.000.

Kemping Asyik di Basecamp Gunung Ungaran, Sudah Pernah Belum?Foto: (Aji Kusuma/detikTravel)

Jangan khawatir kesulitan mencari BBM alias Bahan Bakar Makanan. Sebab di basecamp terdapat beberapa warung penjaja makanan. Mereka menjual aneka nasi sayur dengan lauk pauk yang menggiyurkan. Harganya berkisar Rp 10 ribu, untuk penyuka gorengan per biji dijual seribu rupiah dan secangkir kopi dihargai Rp 2.000.

Jika berminat mengunjungi basecamp, tetapi tidak sempat membawa tenda, pengelola menyediakan tenda siap pakai. Cukup membayar Rp 50 ribu, tenda lengkap dengan matras dan sleeping bag siap menjadi tempat anda beristirahat di Basecamp Pendakian Gunung Ungaran.

Selamat bertenda sekaligus mencari ketenangan di Kaki Gunung Ungaran. Salam lestari.

Kemping Asyik di Basecamp Gunung Ungaran, Sudah Pernah Belum?Foto: (Aji Kusuma/detikTravel)
(wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED