Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 17 Mar 2019 19:38 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mengenal Air Terjun Tiu Kelep, Tempat 40 Turis Terjebak Usai Gempa

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Turis main air di Air Terjun Tiu Kelep (Ari Saputra/detikcom)
Turis main air di Air Terjun Tiu Kelep (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Pasca gempa 5,8 SR ada 40 wisatawan terjebak di Air Terjun Tiu Kelep di Lombok, NTB. Ini memang merupakan tempat wisata di Lombok yang populer.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Nusa Tenggara Barat mengevakuasi lima wisatawan dari sekitar 40 orang wisatawan di Air Terjun Tiu Kelep, Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Mereka kena longsor pasca gempa Lombok 5,8 SR yang mengguncang daerah itu.

BACA JUGA: Gempa NTB, 40 Turis Terjebak di Air Terjun, 2 Meninggal, 5 Dievakuasi

Air terjun ini merupakan destinasi yang populer di kaki Gunung Rinjani. Di kaki gunung ini memang ada dua air terjun populer yaitu Air Terjun Sendang Gile dan Air Terjun Tiu Kelep.

Air Terjun Tiu Kelep berada di dekat Air Terjun Sendang Gile. Jadi, wisatawan lebih dulu menuju Air Terjun Sendang Gile lalu melanjutkannya ke Air Terjun Tiu Kelep dengan satu kali tiket masuk.

Mengenal Air Terjun Tiu Kelep, Tempat 40 Turis Terjebak Usai GempaPemandangan Air Terjun Tiu Kelep dari kejauhan (Ari Saputra/detikcom)
Wisatawan harus trekking sekitar 30 menit dari pintu masuk untuk sampai di Air Terjun Tiu Kelep. Medan yang dilalui pun tak mudah, jalanannya masih tanah dan bebatuan serta menanjak. Wisatawan harus berhati-hati ketika melewati bebatuan untuk melewati sungai, karena cukup licin.

Setibanya di Air Terjun Tiu Kelep, rasa lelah seolah hilang. Air terjunnya terlihat sangat cantik dan deburan airnya cukup deras, sampai-sampai Anda bakal kebasahan terkena buih-buih airnya walau masih berjarak 6 meter dari air terjunnya.

BACA JUGA: Gempa NTB, 22 Turis Malaysia Terjebak di Air Terjun dan 2 Meninggal

Air terjun ini sudah dikenal baik oleh wisman. Banyak turis asing yang senang mandi-mandi dan main air di sini. Tapi Air Terjun Tiu Kelep lebih sepi dari Air Terjun Sendang Gile.

Air Terjun Tiu Kelep masih lebih alami, jarang warung makan atau tempat mandi untuk bilas. Tak heran, bule-bule senang datang ke sini untuk basah-basahan. Bahkan, di bawah air terjunnya terlihat pelangi saat matahari sedang terik-teriknya.

Mengenal Air Terjun Tiu Kelep, Tempat 40 Turis Terjebak Usai GempaPelangi di Air Terjun Tiu Kelep (Egir/detikcom)
Namun sayang, gempa Lombok 5,8 SR terjadi pada Minggu (17/3/2019) pukul 15.07 Wita. Akibatnya terjadi tanah longsor di kawasan Air Terjun Tiu Kelep. Ada 40 wisatawan yang terjebak di sana termasuk 22 turis asal Malaysia.

"Dari informasi yang kami terima baru bisa dievakuasi 5 orang, 2 orang meninggal dunia dan sejumlah lainnya luka-luka, 1 orang dirawat di Puskesmas Bayan," kata Kepala BPBD NTB Muhammad Rum di Mataram sebagaimana dilansir Antara. (fay/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED