Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 20 Mar 2019 19:35 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Didatangi Risa Saraswati, Bukti Kolam Berglust Tempat Uji Nyali

Yudha Maulana
detikTravel
Sisa kolam renang di Kawasan Berglust di Cimahi (Yudha Maulana/detikcom)
Sisa kolam renang di Kawasan Berglust di Cimahi (Yudha Maulana/detikcom)
Cimahi - Kawasan Berglust di Cimahi juga menyisakan kolam renang yang kental dengan mistisnya. Sampai-sampai, kolam ini pernah didatangi Risa Saraswati.

Terbengkalainya kolam renang era kolonial Belanda, Berglust di Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi sangat kental nuansa mistis.

Tak ayal, kolam yang dirancang oleh arsitek asal Belanda, Van der Lugh ini kerap dijadikan ajang uji nyali oleh berbagai komunitas penggila misteri dan indigo.

Semak belukar setinggi orang dewasa menyambut detikcom saat masuk ke area kolam melalui bangunan bekas pintu karcis. Suasana di area kolam begitu hening, hanya terdengar suara daun yang bergesekan tertiup angin.

Tampak gapura dengan ornamen Jawa masih berdiri kokoh, walau catnya mulai kusam. Di sana pun masih terlihat bangunan bekas peristirahatan Lugh, pemandian dan kantor Berglust yang terlihat rusak tak terawat.

(Yudha Maulana/detikTravel)Bangunan bekas kolam renang yang telah terbengkalai (Yudha Maulana/detikcom)
Terlihat beberapa patung binatang yang telah rusak, bahkan tampaknya ada patung yang dicuri. Beberapa kandang hewan pun masih terlihat berdiri, walau kini diselimuti semak belukar.

Kolam Berglust atau yang dinamai ulang menjadi Taman Parahyangan Indah oleh Lugh ini, telah berhenti dibuka untuk umum sejak 2003 lalu pascakonflik kepentingan kepengurusan kolam.

"Saya sering mengantar orang yang indigo ke sini, di sini memang banyak 'penunggunya'," ujar Waluyo Slamet (65), ketua RT setempat sekaligus saksi mata berjayanya Berglust saat ditemui detikcom, Rabu (20/3/2019).

Bahkan pernah suatu ketika, ia mengantar kru syuting Jurnal Risa yang dibesut oleh Risa Saraswati.

"Saya mengantar kemudian di wawancara, ada tayangannya di Youtube dan sempat menjadi viral juga di Cimahi," kata Waluyo.

Traveler berani ke sini? (rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED