Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 24 Mar 2019 14:07 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

7 Daya Tarik Wisata Tanah Lot Bali

Tim detikTravel
detikTravel
Foto: (Derid/dTraveler)
Foto: (Derid/d'Traveler)
Jakarta - Berbicara mengenai Bali, tentu tak lepas dari deretan wisata yang ada di pulau ini. Berbagai jenis wisata ada di sini, mulai dari wisata alam pantai, wisata religi, wisata budaya, hingga wisata kulinernya yang patut untuk dicoba.

Dari sekian banyaknya lokasi wisata yang ada di Pulau Dewasa Bali, Tanah Lot menjadi salah satu lokasi wisata yang cukup banyak menarik kunjungan wisatawan. Bahkan bukan hanya wisatawan lokal, melainkan wisatawan mancanegara pun banyak yang ingin tahu akan keindahan dari tempat ini.

Selain bisa menikmati keindahan alam pantainya yang begitu cantik dan mempesona, di lokasi wisata ini juga terdapat sebuah bangunan Pura yang ada di atas bukit. Pura inilah yang menjadi salah satu ikon untuk lokasi wisata populer Bali ini. Bahkan tempat ini juga sering digelar berbagai pertunjukan atraksi yang bisa disaksikan oleh para pengunjungnya. Selain itu, lokasi wisata ini juga menyimpan berbagai obyek wisata lain yang menjadi daya tariknya.

Selain menampilkan keindahan alam lengkap dengan panoramanya yang memukau. Tanah Lot Bali juga memiliki sederet tempat wisata yang menjadi daya tariknya. Ada beberapa tempat yang menjadi pusat kunjungan bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Apa saja itu? Berikut tempat wisata yang wajib Anda kunjungi saat berlibur ke Tanah Lot di Tabanan Bali:



1. Pura Tanah Lot di Tabanan Bali

7 Daya Tarik Wisata Tanah Lot BaliFoto: (Johanes Randy/detikcom)


Tanah Lot memang identik dengan bangunan puranya. Di sini ada banyak sekali pura yang bisa Anda kunjungi selain Pura Batu Bolong dan Pura Luhur. Pura di sini umumnya terletak tak jauh dari lokasi satu dengan lokasi lainnya. Sehingga pengunjung pun bisa dengan mudah mengunjungi satu per satu tempat suci umat Hindu tersebut. Berikut beberapa Pura yang bisa Anda kunjungi saat ke Tanah Lot Bali:

· Pura Jero Kandang
· Pura Penyawang
· Pura Penataran
· Pura Pekedungan
· Pura Batu Mejan atau Pura Beji
· Pura Enjung Galuh

2. Gua Ular Suci

Selain bangunan Pura yang dapat dikunjungi, Tanah Lot juga menyimpan wisata alam berupa gua yang dapat Anda kunjungi juga. Ada beberapa gua yang bisa dikunjungi wisatawan. Salah satunya Gua Ular Suci. Gua ini terletak tak jauh dari lokasi Pura, dimana di dalam gua terdapat banyak ular yang bisa Anda lihat.

Konon, ular-ular di dalam gua ini diyakini sebagai penjaga Pura yang ada disana. Untuk jenis ularnya sendiri merupakan ular laut yang memiliku kulit belang berwarna hitam putih dengan ekor berwarna putih. Ular ini merupakan ular berbisa yang cukup berbahaya. Namun untuk pengunjung yang ingin memegangnya, tetap diperbolehkan dengan didampingi pawang. Ular-ular di sini juga sering dijadikan sebagai obyek foto. Jadi, selain bisa melihatnya Anda pun juga bisa berfoto dengan ular-ular yang ada di Gua Ular Suci ini.

3. Gua Air Suci

Masih berhubungan dengan Gua Ular Suci, tepat di dalam gua ini terdapat satu gua kecil bernama Gua Air Suci. Gua ini memiliki aliran yang berasal dari tengah laut. Namun anehnya lagi, air di sini tidak menimbulkan rasa asin dan justru terasa tawar dan sangat segar. Sumber air di sini dikenal dengan Tirta Pembersihan yang dikeramatkan. Bahkan airnya sering digunakan untuk keperluan upacara keagamaan bagi umat Hindu Bali.

Selain menjadi mata air keramat, mata air di sini juga dapat dinikmati oleh para wisatawan. Wisatawan dapat meminum atau bahkan membasuh muka dan wajahnya. Bahkan sumber mata air di sini juga dipercaya memiliki khasiat yang dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit, meningkatkan kesuburan bagi para pasangan suami istri, dan masih banyak lagi khasiat yang dipercaya oleh masyarakat sekitar.

4. Pesona Pulau Karang

Tanah Lot memang memiliki pesona yang cukup menyita mata para pengunjungnya. Selain keindahan lautnya, disini Anda bisa menyaksikan keindahan dari Pulau Karang yang menjadi tumpuan utama dua bangunan Pura yang menjadi ikon dari wisata Bali ini. Di atas batu karang besar ini, Anda bisa melihat dua bangunan Pura, yaitu Pura Luhur dan Pura Bolong.

Pura Luhur sendiri menjadi tempat pemujaan Tuhan, yaitu Dewa Laut bagi kepercayaan umat Hindu yang akan memberikan keselamatan dan kesejahteraan serta memberikan gambaran akan keseimbangan antara laut dan bumi. Sedangkan, Pura Bolong menjadi sebagai tempat yang sering digunakan untuk acara keagamaan, seperti upacara Melasti dan upacara keagamaan lainnya.

Pengunjung bisa melihat keindahan dua bangunan Pura yang ada di atas batu karang dengan berjalan kaki pada saat air laut sedang surut. Namun, jika air laut sedang pasang maka jalanan akan tertutup dan hanya bisa menyaksikan bangunan Pura dari dasar laut saja.



5. Upacara Keagamaan

Selain menyimpan pesona alamnya yang begitu memukau, Tanah Lot juga terkenal akan upacara keagamaannya. Kawasan ini banyak dihuni oleh masyarakat Bali yang beragama Hindu. Jadi, salah satu upacara keagamaan yang bisa Anda saksikan di sini adalah upcara keagamaan bagi umat Hindu setempat. Misalnya saja seperti upacara Piodalan. Di mana upacara ini diperingati sebagai hari jadi Pura yang diadakan setiap 210 hari sekali dalam kalender Saka atau 40 hari setelah perayaan hari raya Kuningan. Jadi, untuk para wisatawan yang ingin menyaksikan upacara keagamaan di sini, bisa datang di waktu tersebut.

6. Menikmati Keindahan Sunset

7 Daya Tarik Wisata Tanah Lot BaliFoto: (Johanes Randy/detikcom)

Daya tarik lainnya yang ada di lokasi terindah Bali ini adalah keindahan sunsetnya. Tempat ini menjadi spot terbaik yang sering digunakan para wisatawan untuk menikmati keindahan matahari terbenam di sore hari. Untuk Anda yang ingin menikmati keindahan Sunset di Tanah Lot, bisa datang sekitar pukul 17.00 atau bisa kurang dari waktu tersebut.

7. Bermain di Tepi Laut

7 Daya Tarik Wisata Tanah Lot BaliFoto: (anton_wae/d'Traveler)


Untuk Anda yang ingin menikmati waktu berlibur dengan bermain bersama keluarga atau orang-orang terdekat lainnya, bisa bermain air di tepi laut. Selain menawarkan pemandangan batu karang besar dengan 2 bangunan Pura di atasnya, pemandangan di sekitar laut di Tanah Lot juga sangat cocok untuk spot foto Anda.

Banyak wisatawan yang mengabadikan momen terbaik mereka di tempat ini. Sehingga selain bisa menikmati waktu libur dengan bermain air seri di tepi laut, Anda pun juga bisa mendapatkan hasil foto terbaik yang dijamin terlihat instagramable banget.

Jadi kapan kamu mau ke Tanah Lot? (nwy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED