Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 28 Mar 2019 09:27 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Telaga Sigebyar, Tempat Wisata di Pekalongan Nan Cantik

Robby Bernadi
detikTravel
Telaga Sigebyar di Kabupaten Pekalongan (Robby Bernardi/detikcom)
Telaga Sigebyar di Kabupaten Pekalongan (Robby Bernardi/detikcom)
Kabupaten Pekalongan - Ada tempat wisata di Pekalongan yang cantik. Namanya Telaga Sigebyar Mangunan, danau di kaki gunung dan berair jernih. Indah banget!

Berada di ketinggian 1.500 mdpl dan persis di bawah kaki Pegunungan Kendeng, terdapat sebuah telaga nan cantik. Eksotis telaga ini terlihat saat kabut tebal yang kian memudar dan langsung menyuguhkan kecantikan alam.

Hamparan air yang luas dengan latar pegunungan ini bernama Telaga Sigebyar Mangunan. Telaga ini berada di di Dukuh Mangunan, Desa Tlogohendro Kecamatan Petungkriono, Pekalongan. https://www.detik.com/tag/pekalongan/

Suguhan pemandangan yang eksotis ini akan lengkap dengan suara alam pegunungan dan beberapa Elang Jawa yang nampak terbang memutari telaga. Telaga Sigebyar Mangunani merupakan tempat wisata di Pekalongan yang tergolong baru di Kecamatan Petungkriyono. Dari 8 hektar luasan telaga, baru 2 hektar yang terbuka. Sedangkan 6 hektar lainnya masih dipenuhi dengan gambut. Air telaga berasal dari mata air di Pegunungan Kendeng.


(Robby Bernardi/detikcom)

Kaslam, Kepala Desa Telogohendro mengungkapkan bahwa pembukaan telaga tersebut memakan waktu selama tiga bulan.

"Tiga bulan dikerjakan gotong royong, dari membuka akses jalan dan membersihkan kawasan bergambut di sekitar telaga," kata Kaslam.

Menurutnya, sebelumnya dibuka untuk wisatawan, Telaga Sigebyar ini merupakan tempat yang digunakan warga masyarakat setempat untuk acara ritual budaya, yakni Nyadran.

"Dan setiap tiga tahun sekali dilakukan penyembelihan sapi bule untuk dilarung di telaga," katanya.


(Robby Bernardi/detikcom)


Kendati tergolong tempat wisata alam yang baru, namun di telaga ini disediakan layanan pengunjung untuk sekedar memutari telaga dengan kapal kayu. Juga untuk beberapa pengunjung atau bahkan yang lihai berdayung juga disediakan kano lengkap dengan pelampungnya.

"Tempatnya asyik dan unik. Instagramable banget! Apalagi kalau kabut turun, wow banget dan asyik pokoknya," kata Rosa salah satu pengunjung.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, usai melakukan launching Telaga Sigebyar pada Minggu (24/3) mengatakan berencana mendatangkan alat untuk mencabut gambut yang mengenangi sebagian Telaga Sigebyar.

"Saat ini luasan telaga yang sudah tidak bergambut seluas 2 hektar, sisanya 6 hektar masih bergambut," katanya.

https://awsimages.detik.net.id/community/media/visual/2019/03/25/5929d839-5722-4b3c-84eb-5eea4aa28590.jpeg?a=1
(Robby Bernardi/detikcom)

Sedangkan untuk melengkapi wisata Telaga Sigebyar, pihaknya bakal membuka jalur pendakian ke Puncak Pegunungan Kendeng diketinggian 2.040 mdpl.

"Dari puncaknya kita bisa melihat panorama alam Kabupaten Banjarnegara, Batang, Kota pekalongan dan Pemalang," jelas Asip Kholbihi.

Cara pergi ke Telaga Sigebyar di Pekalongan:

Nah, traveler pasti penasaran dengan Telaga Sigebyar ini kan? Bila ingin berkunjung ke Telaga Sigebyar ini bisa ditempuh dari Ibukota Kabupaten Pekalongan yakni Kajen, menuju Kecamatan Petungkriono. Lama perjalanan sekitar 2 jam. Dari Kecamatan Petungkriyono ini lantas menuju ke Dukuh Mangunan, Desa Tlogohendro dengan akses jalan sudah beraspal mulus.

Nah dari Dukuh Mangunan, pengunjung bisa menitipkan kendaraan. Perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki ke Telaga Sigebyar sekitar 600 meter dari dukuh setempat. Jalannya masih berupa makadam atau batu yang ditata.

Tidak masalah jalan kaki karena di kanan kiri jalan selebar 4 meter ini disuguhkan dengan pemandangan yang indah. Rasa lelah terbayar selama perjalanan yang mengasyikan, apalagi bila sudah sampai di lokasi Telaga Sigebyar. Yuk berangkat! (sna/sna)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED