Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 01 Apr 2019 19:35 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Liburan ke Makassar, Tempat Kampanye Jokowi

Bona
detikTravel
Foto: Jokowi kampanye di Makassar (Dok. Istimewa)
Foto: Jokowi kampanye di Makassar (Dok. Istimewa)

FOKUS BERITA

Wisata Tempat Kampanye
Jakarta - Jokowi melakukan kampanye ke Makassar pekan lalu. Liburan ke Makassar, coba datangi tempat-tempat favorit berikut ini.

Makassar menjadi salah satu daerah yang didatangi oleh Jokowi untuk berkampanye. Capres nomor urut 1 tersebut naik becak sampai lokasi kampanye bersama Iriana.

Traveler yang mau liburan ke Makassar, tak perlu bingung dengan destinasinya. Makassar punya banyak atraksi untuk wisatawan yang mau liburan.

Mulai dari wisata religi sampai vitamin sea bisa traveler dapatkan di Makassar. Dirangkum detikcom, Senin (1/4/2019), inilah wisata populer di Makassar:

1. Bugis Waterpark

Makassar punya salah satu wahana air terbesar di Indonesia Timur, Bugis Waterpark Adventure atau BWP. Wahana ini terletak di kompleks perumahan Bukit Baruga Antang, Kecamatan Manggala, tempat ini mulai beroperasi sejak 2012 dan jadi alternatif baru tujuan wisata di Makassar.

Ditempat ini, traveler akan diajak main basah-basahan dengan pilihan rekreasi air lainnya. Uniknya, masing-masing wahana diberi nama dengan unsur lokal dalam bahasa Bugis, yang tujuannya untuk mendekatkannya dengan budaya setempat.

2. Masjid Al-Fatih Al-Anshar

Traveler yang mau berwisata religi bisa datang ke Masjid Al-fatih Al Anshar. Masjid ini letaknya di bilangan jalan Paccinang Raya, Kelurahan Tello, Kecamatan Panakukang.

Melayangkan mata ke salah satu sudutnya, masjid ini memiliki sebiah bangunan yang memiliki bentuk seperti kabah.

Bangunan itu melekat di dinding di sisi timur masjid dengan ukuran lebar 7 meter dan tinggi 12 meter, lengkap dengan Hajar Aswad di sudutnya.

Konsep masjid ini adalah alam semesta dan ruang angkasa. Oleh karena itu tak heran di bagian interior masjid dapat ditemukan hal-hal yang berhubungan dengan alam semesta.

3. Kebun Teh Malino

Siapa bilang Makassar tak punya wisata kebun teh? Datanglah ke Kebun Teh Malino atau Malino HIghland. Berada di kawasan pegunungan, kebun teh ini berlokasi di Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa.

Tak hanya menyaksikan panorama perkebunan teh yang indah, wisatawan juga bisa melakukan berbagai aktivitas atau kegiatan alam, misalnya seperti paralayang, menunggang kuda, bungee jumping, trampolines, cross country running, bersepeda, taman satwa, tempat outbond, jalur tracking, teropong untuk melihat benda-benda angkasa, dan berbagai aktivitas lainnya.

Kawasan Kebun Teh Malino atau Malino Highlands dapat ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dengan jarak tempuh sekitar 80 km dari Kota Makassar.

4. Air Terjun Ketemu Jodoh

Dari Kebun Teh Milano, kamu bisa main ke sebuah destinasi menarik bernama Air terjun Ketemu Jodoh. Air terjun ini beralamat di Bulutana, Lingkungan Bonto Te'ne.

Jarak tempuh dari Kota Makassar ke lokasi Air Terjun Ketemu Jodoh lumayan jauh. Sekitar 90 km. Namun, keindahannya bakal membayar lunas rasa lelah di perjalanan, karena derasnya percikan air terjun yang jatuh dari ketinggian itu seakan memberi sensasi pijatan ketika mengenai tubuh.

5. Air Terjun Takapala

Ada lagi nih air terjun cantik di Makassar, namanya Takapala. Air terjun Takapala berada di Desa Bulutana, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa.

Tinggi Air Terjun Takapala mencapai 109 meter dengan debit air yang sangat besar,terlebih lagi di kala musim hujan datang. Curahan air dengan volume besar tersebut secara alami membentuk sebuah kolam yang dapat digunakan pengunjung untuk berenang dan bermain air.

Di atas kolam, tak jarang terlihat biasan air yang membentuk sebuah pelangi di atasnya. Air terjun ini juga dikelilingi perbukitan khas dataran tinggi dan rerimbunan hutan yang membuat suasana di sekitar air terjun semakin sejuk dan asri.

6. Pulau Lanjukang

Traveler yang mau menikmati suasana pulau pribadi di Makassar, bisa datang ke Pulau Lanjukang. Pulau ini merupakan pulau terluar yang masuk wilayah administratif Kota Makassar. Jaraknya sekitar 40 km dari pusat kota, tepatnya berada di Selat Makassar.

Layaknya pulau yang berada di lokasi terpencil, Pulau Lanjukang memiliki pesona yang menggoda, khususnya mereka yang menyukai wisata bahari. Pulau ini dikelilingi oleh pantai berpasir putih dan lembut dengan perairan yang sangat tenang dan dangkal di sekelilingnya.

Snorkeling merupakan salah satu kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Pulau Lanjukang, karena pulau ini memiliki pemandangan underwater yang cukup menarik, yaitu berupa taman karang serta ikan-ikan kecil, seperti ikan badut dan lion fish.

7. Pulau Kodingareng Keke

Selain Lanjukang, Makassar juga punya Pulau Kodingareng Keke yang pas untuk menimati vitamin sea. Pantai di Pulau Kodingareng Keke memiliki kelebihan yaitu hamparan pasir putih dan koral yang masih utuh, sehingga sangat bagus jika dijadikan tempat snorkelling dan diving.

Untuk dapat sampai ke Pulau Kodingareng Keke, kita harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 40 menit. Dengan menggunakan perahu motor. Moda transportasi ini bisa disewa di salah satu dermaga di depan Benteng Ujung Pandang. Tepatnya sekitar Pantai Losari, Makassar.

8. Monumen Mandala

Untuk menambah kecintaan dengan Indonesia, traveler bisa datang berkunjung ke Monumen Mandala. Monumen Mandala merupakan sebuah tugu yang dibangun untuk mengenang jasa perjuangan para pahlawan dalam pembebasan Irian Barat dari tangan para penjajah.

Terletak tepat di jantung Kota Makassar, akses jalan yang harus ditempuh untuk bisa sampai ke Monumen Mandala ini sangat mudah. Wisatawan hanya perlu menuju ke jalan Perintis Kemerdekaan, jalan Urip Sumoharjo, jalan G. Bawakaraeng, lalu berbelok kiri ke arah jalan Jend. Sudirman, dengan jarak tempuh sekitar 25 km.

Menara yang menjulang setinggi 75 meter ini terdiri dari 4 lantai. Di lantai 1 terdapat diorama relief dan replika pakaian dan perjuangan masyarakat Sulawesi Selatan pada abad 17. Sedangkan di lantai 2 terdapat diaroma dan relief yang menceritakan tentang perjuangan pembebasan Irian Barat.

Di lantai 3, wisatawan bisa melihat replika ruang kerja Panglima Mandala, lengkap dengan peta Irian Barat, foto-foto persiapan pemberangkatan pasukan, tanda jabatan, dan pakaian yang dipergunakan pada saat operasi Mandala. Memasuki lantai 4 adalah ruang pandang. Kita dapat melihat suasana Kota Makassar dari ketinggian. Ruang ini berada di ujung menara dengan ketinggian sekitar 73-75 meter dari permukaan tanah.

9. Pantai Losari

Inilah ikon dari Kota Makassar, Pantai Losari. Objek wisata ini berada di jantung Kota Makassar, tepatnya di Jalan Penghibur.

Ada keunikan dan keistimewaan tersendiri dari Pantai Losari, yaitu wisatawan yang berkunjung dapat melihat pemandangan indah matahari terbit dan matahari terbenam. Selama menunggu pemandangan indah tersebut, wisatawan dapat mencoba berbagai ragam masakan laut yang masih sangat segar.

Beberapa menu masakan laut yang dapat dicoba, seperti lobster, cumi-cumi, dan ikan pari. Harganya pun sangat terjangkau. Selain itu, di kawasan pantai, wisatawan juga dapat mencoba berbagai makanan khas Makassar, seperti pallu butung, pisang epek, pisang ijo, sop konro, coto makassar, dan sebagainya.

10. Phinisi Point Mall

Phinisi Point Mall yang disingkat PIPO Mall atau Mal PIPO memiliki banyak keunikan. Mall ini berlokasi di jalan Metro Tanjung Bunga No. 2 Makassar. Phinisi Point Mall Makassar juga terintegrasi dengan 5-Star Hotel, The Rinra Makassar.

Phinisi Point Mall adalah tempat paling asik buat selfie ataupun wefie, terlebih sambil wisata kuliner. Di tempat ini ada area London yang terdapat kotak telepon merah khas London, serta bus besar Double Decker. Untuk area Hongkong, paling asik foto depan resto Sunachi dengan becak khas Hongkong ricksaw, atau becak klasik berwarna merah yang ditarik oleh orang.



(sym/aff)

FOKUS BERITA

Wisata Tempat Kampanye
BERITA TERKAIT
BACA JUGA