Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 04 Apr 2019 17:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Hari Terakhir VitaminSea: Lihat Pembuatan Gerabah Tradisional Lombok

Syanti Mustika
detikTravel
Pemenang vitaminSea melihat proses pembuatan gerabah (Syanti Mustika/detikcom)
Pemenang vitaminSea melihat proses pembuatan gerabah (Syanti Mustika/detikcom)
Jakarta - Hari terakhir di Lombok peserta VitaminSea berkunjung ke tempat pembuatan gerabah. Mereka melihat dan belajar tentang kerajinan tanah liat.

Hari ini, Kamis (4/4/2019) peserta VitaminSea menikmati hari terakhir di Lombok. Adapun destinasi terakhir yang dikunjungi sebelum pulang adalah tempat pembuatan gerabah di Lombok.

Tempatnya ada di Desa Banyumulek, Kabupaten Lombok Barat. Desa ini terkenal dengan usaha kerajinan gerabahnya.

Beragam brnda yang dibuat dari tanah liat. Ada kendi, gelas, peralatan masak juga lampu hias. Di sini juga ada vas bunga, pajangan berbentuk beragam hewan dan kerajinan rotan.
Hari Terakhir VitaminSea: Lihat Pembuatan Gerabah Tradisional LombokFoto: Melihat pembuatan gerabah (Syanti Mustika/detikcom)


Para pemenang VitaminSea juga berkesempatan melihat dan belajar bagaimana cara membuat gerabah. Mereka diperlihatkan bagaimana cara membuat asbak rokok.

Awal mula tangan dibasahi dan ambil tanah liat sebesar kepal dewasa. Setelah itu tanah dipukul-pukul, dibentuk dan dihaluskan. Tanah liat ini dibentuk dan diputar di meja bundar yang bisa diputar.

Yayang Delfitia dan Teguh Bagus Surya juga ikut mencoba memegang dan membentuk tanah liat.

"Aku tadi cobain membuat gerabah dengan tradisional. Pertama kali mencoba dan saya terkesan karena masih ada yang tradisional seperti ini. Dan lagi mereka ternyata belajar secara turun temurun dari keluarga. Tradisi ini menurut saya harus dilestarikan," ungkap Teguh.

Hari Terakhir VitaminSea: Lihat Pembuatan Gerabah Tradisional LombokFoto: Aneka gerabah (Syanti Mustika/detikcom)


Yayang juga senang bisa mencoba membuat asbak. Ternyata membuat kerajinan tanah liat tidaklah mudah.

"Ternyata pembuatan gerabah tidak semudah dilihat. Tidak hanya butuh keterampilan saja namun juga butuh ketelitian dan insting untuk merasakan kehalusan dan keseimbangan gerah. Hebat deh orang yang bisa membuat gerabah ini," ujarnya.
Hari Terakhir VitaminSea: Lihat Pembuatan Gerabah Tradisional LombokFoto: Desa Banyumulek terkenal akan kerajinan gerabah (Syanti Mustika/detikcom)


Desa Banyumulek memang terkenal dengan kerajinan gerabahnya. Bahkan gerabah di sini juga di ekspor keluar negeri.

"Hampir seluruh warga desa di sini bekerja sebagai pengrajin gerabah. Hasil-hasil juga di ekspor keluar negeri," jelas Solihin, guide yang mendampingi pemenang VitaminSea.

Adapun tempat terakhir yang kami kunjungi bernama UD Berkat Sabar. Di sini kamu juga bisa membeli beragam kerajinan. Harganya bervariasi, mulai dari Rp 30 ribu-Rp 3 juta. (wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED
Laporan dari Jerman

Foto: Gembok Cinta Abadi Kota Cologne

Kamis, 25 Apr 2019 06:20 WIB

Di Kota Cologne, Jerman traveler bisa mengabadikan cinta bersama pasangan. Ada destinasi gembok cinta Jembatan Hohenzollern yang wajib kamu kunjungi di sini.