Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 09 Apr 2019 12:35 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Tempat Melihat Prabu Siliwangi, Leluhur Ma'ruf Amin

Syanti Mustika
detikTravel
Foto: Lukisan Prabu Siliwangi (Tri Ispranoto/detikTravel)
Foto: Lukisan Prabu Siliwangi (Tri Ispranoto/detikTravel)

FOKUS BERITA

Wisata Tempat Kampanye
Cirebon - Dalam kampanye, Cawapres Ma'ruf Amin mengaku keturunan Prabu Siliwangi. Kamu yang penasaran dengan sosok Prabu Siliwangi, datang saja ke museum ini.

Saat berkampanye di Garut, calon wakil presiden KH Ma'ruf Amin menyatakan dirinya merupakan putra Sunda keturunan Prabu Siliwangi. Terselubung kabut mitologi, siapakah sebenarnya Prabu Siliwangi?

Dirangkum detikcom, Selasa (9/4/2019) Prabu Siliwangi merupakan raja dari Kerajaan Pajajaran. Nama Siliwangi menjadi tanda akan kehormatan, kebanggaan dan kekuasaan masyarakat Sunda. Sosok legendaris itu sangat dihormati orang Sunda.

Sosok Prabu Siliwangi sampai sekarang masih menjadi misteri lho. Dalam kepercayaan masyarakat Sunda, Prabu Siliwangi adalah Raja Sunda Galuh yang berkedudukan di Pakuan Pajajaran. Namun nama Siliwangi tidak pernah ditemukan dalam prasasti-prasasti yang ditemukan di Jawa Barat. Nama Siliwangi juga tidak pernah disebutkan dalam naskah Carita Parahyangan yang menuliskan silsilah raja-raja yang berkuasa di Sunda sejak Raja Sanjaya hingga Raja Nu Siya Mulia.

(Tri Ispranoto/detikTravel)(Tri Ispranoto/detikTravel)
Naskah yang menyebut nama Siliwangi adalah naskah Sanghyang Sikskanda Ng Karesian. Dalam naskah itu, Siliwangi adalah salah satu judul cerita pantun yang dikenal pada masa itu, selain pantun-pantun yang lain. Adalah Bapak Permuseuman Indonesia, Mohammad Amir Sutaarga, yang yakin bahwa Prabu Siliwangi benar-benar ada secara historis.

Sampai sekarang keberadaan Prabu Siliwangi masih menjadi perdebatan di antara sejarawan. Ada yang mengatakan itu hanya mitos, dongeng, tokoh sastra ataupun tokoh sejarah. Namun, kalau traveler mau tahu soal Prabu Siliwangi, bisa melihat sosoknya di salah satu tempat wisata di Cirebon.

Traveler bisa melihat sosok Prabu Siliwangi di Museum Pusaka Keraton Kasepuhan di Cirebon. Salah satu koleksi museum ini adalah lukisan Prabu Siliwangi.

Lukisan ini berada di bagian belakang Museum Pusaka Keraton Kasepuhan. Lukisan yang didomniasi warna coklat ini menunjukan bagaimana kekar dan wibawanya sosok Prabu Siliwangi yang berdiri di samping harimau putih.

(Tri Ispranoto/detikTravel)(Tri Ispranoto/detikTravel)
Tak hanya sosoknya yang mencuri perhatian. Lukisan tersebut sejak dulu hingga sekarang banyak membuat orang penasaran karena seolah mata sang raja terus mengikuti gerakan orang yang melihatnya. Unik atau horor?

Traveler yang penasaran datang langsung saja ke museum ini ya. Tidak hanya lukisan Prabu Siliwangi saja yang dimiliki museum, namun banyak lagi koleksi peninggalan raja dan keraton di sini.

Untuk wisata ke tempat ini wisatawan harus membeli tiket masuk terlebih dahulu ke areal Keraton Kasepuhan seharga Rp 10 ribu-Rp 15 ribu. Selanjutnya, pengunjung yang ingin masuk ke museum kembali harus membeli tiket seharga Rp 25 ribu. (sym/krn)

FOKUS BERITA

Wisata Tempat Kampanye
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED