Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 24 Apr 2019 14:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Liburan ke NTB, Ada Rumah Adat Bima Yang Instagenic

Faruk Nickyrawi
detikTravel
Taman Panda di Bima, NTB (Faruk/detikcom)
Taman Panda di Bima, NTB (Faruk/detikcom)
Bima - Kabupaten Bima di NTB punya objek wisata Taman Panda yang kekinian. Di sana dapat dijumpai Uma Lengge atau rumah adat Bima yang Instagenic.

Uma Lengge adalah bangunan rumah adat yang terbuat dari kayu, merupakan kekayaan warga Bima yang kini masih dilestarikan.

Agar dapat melihat langsung bangunan Uma Lengge yang asli, traveler harus menempuh perjalanan beberapa jam ke Kecamatan Wawo, Bima yang lokasinya lumayan jauh dari pusat Kota.

Namun, tak usah khawatir. Jika Anda berlibur ke Bima di NTB, bisa mampir ke Taman Panda Kota Bima. Di sana berjajar puluhan duplikat Uma Lengge yang mirip banget dengan aslinya.

Deretan replika Uma Lengge di Taman Panda (Faruk/detikcom)Deretan replika Uma Lengge di Taman Panda (Faruk/detikcom)
Melihat dari struktur, bangunan yang ditempatkan di Taman Panda ini sangat tidak jauh berbeda dari yang aslinya seperti di Kecamatan Wawo.

Uma Lengge yang pada umumnya terbuat dari kayu dan bambu, keseluruhan elemennya saling kait mengait sehingga menjadi kesatuan dan berdiri di atas tiang-tiang.

Tempatnya cukup Instagenik (Faruk/detikcom)Tempatnya cukup Instagenik (Faruk/detikcom)
Bangunan Uma Lengge tidak sembarangan dan memiliki makna tersendiri menurut kepercayaan Suku Bima. Ini wajib traveler ketahui.

Lokasi Taman Panda tidaklah jauh dari Bandara Sultan Muhammad Sirajuddin Bima. Cukup menempuh waktu sekitar 20 menit, Anda dapat melihat jajaran Uma Lengge yang cocok banget untuk koleksi foto Instagram Anda.

Tempat ini selalu ramai pada setiap harinya. Selain menjadi spot foto, tempat ini juga dijadikan sebagai tempat persinggahan para pengguna jalan yang berjalan jauh untuk beristirahat.

Mata Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan laut yang berada tepat di depannya dan juga gunung-gunung Kecamatan Donggo yang menjulang.


(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED