Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 25 Apr 2019 12:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Sempat Viral, Inilah 5 Fakta Tugu Photocopy

Syanti Mustika
detikTravel
Tugu Photocopy di Sumatera Barat (Aswir/dok Istimewa)
Tugu Photocopy di Sumatera Barat (Aswir/dok Istimewa)
Batusangkar - Beberapa waktu lalu, media sosial dihebohkan dengan tugu yang mirip mesin fotocopy. Ini 5 fakta yang perlu kamu tahu tentang tugu tersebut.

Sempat menghebohkan dunia maya, tugu yang mirip dengan mesin fotocopy ini beneran ada lho. Sesuai dengan bentuknya, nama tugu ini adalah Tugu Photocopy.

Dikumpulkan detikcom, Kamis (25/4/2019) terdapat beberapa fakta yang perlu kamu ketahui tentang tugu ini lho. Apa ya?

1. Berada di Sumatera Barat

Tugu Photocopy berada di Jorong Lareh Nan Panjang, Nagari Atar, Kecamatan Padang Gantiang, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Bila diukur jaraknya dari Kota Padang sekitar 127 km atau 3 jam perjalanan dengan mobil.

2. Puncak tugu mirip mesin fotocopy

Sesuai dengan namanya, puncak tugunya ini berbentuk mesin fotocopy. Sengaja dibuat seperti mesin fotocpy sebagai lambang dan ciri khas dari kehidupan penduduk di Desa Atar tersebut.
Sempat Viral, Inilah 5 Fakta Tugu PhotocopyFoto: (Aswir/dok Istimewa)



BACA JUGA: Foto-foto Tugu Photocopy yang Hebohkan Dunia Maya

3. Lebih dari setengah penduduk Desa Atar usaha fotocopy

Pembangunan Tugu Photocopy bukannya tanpa ada tujuan. Konon tugu ini lambang kesuksesan warga Desa Atar yang berada di perantauan. Mereka rata-rata usaha di bidang fotocopy.

Para perantau dari Atar pun tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Namun yang paling banyak ada di Bandung. Mereka semua tergabung dalam ikatan IWATAR (Ikatan Warga Atar).

Karena para perantau Atar telah sukses berkecimpung di usaha photocopy, mereka pun berinisiatif untuk membangun sebuah tugu yang unik. Karena mereka usaha di photocopy, maka dibangunlah Tugu Photocopy.

 (Aswir/dok Istimewa) (Aswir/dok Istimewa) Foto: undefined


4. Ciri khas desa

Karena lebih dari separuh warga Desa Atar merantau dan membuka usaha fotocpy, tugu ini pun menjadi identitas dan penanda desa. Bila traveler jalan-jalan ke Batusangkar, bila ke Desa Atar tugu inilah penandanya.

5. Telah ada semenjak 2012

Walau baru viral sekarang, bukan berarti tugu ini baru dibangun ya. Tugu Photocopy telah ada semenjak tahun 2012. Tugu Photocopy setinggi sekitar 5-6 meter ini berdiri tepat di samping Kantor Wali Nagari Atar.

Sempat Viral, Inilah 5 Fakta Tugu Photocopy
(sym/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA