Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 29 Apr 2019 19:05 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

8 Oleh-oleh Khas Surabaya untuk Orang Rumah

Niken Widya Yunita
detikTravel
8 Oleh-oleh Khas Surabaya untuk Orang Rumah/Foto: (detikFood)
8 Oleh-oleh Khas Surabaya untuk Orang Rumah/Foto: (detikFood)
Jakarta - Oleh-oleh khas Surabaya banyak yang enak-enak. Oleh-oleh ini cocok dibawa pulang untuk orang rumah.

Jadi kalau kamu jalan-jalan di Surabaya jangan lupa membawa oleh-oleh khasnya. Oleh-oleh ini bisa dimakan sendiri, bersama keluarga, atau diberikan ke rekan.

Berikut oleh-oleh khas Surabaya.



1. Almond Crispy Cheese

Almond Crispy Cheese merupakan camilan khas Surabaya yang paling terkenal. Almond Crispy Cheese bentuknya sangat tipis sehingga sangat renyah ketika dimakan. Belum lagi topping keju dan almond menambah kelezatan camilan ini.

Camilan ini memiliki beberapa varian antara lain original cheese, green tea, dan cokelat. Untuk mencari camilan ini sangat mudah. Kamu bisa menemukannya di toko oleh-oleh khas Surabaya atau ke Toko Wisata Rasa di Jalan Raya Jemursari No 164.

2. Sambal Bu Rudy

8 Oleh-oleh Khas Surabaya untuk Orang RumahFoto: (detikFood)


Sambal Bu Rudy merupakan oleh-oleh yang tidak boleh terlewatkan untuk dibawa pulang. Pedasnya yang khas pada sambal ini membuat orang yang pernah makan ketagihan. Sambal Bu Rudy tersedia dalam pilihan rasa, mulai dari sambal bajak, sambal bawang, hingga sambal udang.

Selain sambal, ada banyak jajanan dan kuliner khas Surabaya seperti aneka keripik dan gorengan. Di bagian belakang toko, terdapat tempat makan yang bisa kamu datangi untuk mencicipi langsung sambal buatan Bu Rudy. Kamu bisa membeli Sambal Bu Rudy di Jalan Dharmahusada 140.

3. Spikoe

Spikoe adalah kue lapis legit yang pembuatannya menggunakan resep kuno. Tekstur kuenya sangat lembut dengan dua lapis khas berwarna kuning dan cokelat.

Oleh-oleh ini dapat ditemukan di Jalan Rungkut Madya 41. Spikoe tersedia dalam empat varian rasa antara lain Spikoe tanpa Kismis, Spikoe Raisin, dan Spikoe Prunes.

4. Lapis Kukus Surabaya Pahlawan

Mau versi modern Spikoe? Lapis Kukus Surabaya Pahlawan jawabannya. Bedanya, kue lapis kukus satu ini dibuat dari bahan dasar singkong. Ada empat varian rasa yang ditawarkan yaitu original, cocopandan, brownies, dan keju. Keempat rasa tersebut disajikan dengan topping berupa krim dan keju parut di atasnya. Langsung saja datang ke Jalan Raya Mulyosari nomor 376.



5. Kerupuk Ikan Kenjeran

Di Surabaya terkenal akan Kerupuk Ikan Kenjeran. Kenjeran adalah nama sebuah pantai yang paling terkenal di Surabaya. Daerah ini dikenal dengan hasil lautnya yang melimpah. Oleh karena itu, warga sekitar Kenjeran memanfaatkan hasil laut dengan mengolahnya menjadi kerupuk. Kerupuk yang dijual sangat beragam, mulai dari kerupuk ikan biasa, kerupuk cumi, kerupuk kerang, hingga kerupuk rumput laut.

6. Abon Sapi Padmosusastro

Abon Sapi Padmosusastro merupakan oleh-oleh khas Surabaya. Abon ini paling enak dan terkenal. Kamu bisa mendapatkannya di Jalan Padmosasastro. Selain membeli, kamu juga bisa melihat proses pembuatannya. Ada dua varian rasa abon sapi yang bisa kamu pilih, yaitu pedas dan manis.

7. Kaus Cak Cuk

Kaus Cak Cuk merupakan oleh-oleh khas Surabaya alternatif. Kamu bisa memilih kaus dengan desain beragam dan bahasa gaul. Kamu bisa menemukan kaos ini salah satunya di Jalan Dharmawangsa nomor 35.

8. Snow Cake Surabaya

Snow Cake Surabaya merupakan oleh-oleh kekinian milik artis Zaskia Sungkar. Kehadiran oleh-oleh itu mengundang perhatian masyarakat.

Snow Cake Surabaya adalah cake 3 lapis. Lapisan teratas adalah pastry dengan gula halus. Lapisan kedua adalah cake empuk yang mirip spikoe atau kue khas Surabaya. Di bagian ini dilengkapi aneka filling yang creamy, crunchy, serta lezat. Di Lapisan ke-3 adalah pastry. Kue ini terdiri dari beberapa varian yakni black snow cake dan white snow cake.

Jadi kamu mau bawa pulang semua oleh-oleh khas Surabaya di atas?

(nwy/fay)
BERITA TERKAIT
NEWS FEED