Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 08 Mei 2019 15:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ada Taj Mahal di Sunter, Sudah Tahu?

Shinta Angriyana
detikTravel
Masjid Ramlie Musofa di Sunter (Rifkianto/detikcom)
Masjid Ramlie Musofa di Sunter (Rifkianto/detikcom)
Jakarta - Taj Mahal terkenal sebagai destinasi ikonik di Agra, India. Namun, ada juga lho di Sunter, Jakarta Utara...

Inilah Masjid Ramlie Musofa, sebuah masjid yang disebut-sebut mirip seperti Taj Mahal di India. Letaknya berada di Jalan Danau Sunter Selatan, Blok I 10 nomor 12. Dari jalan raya Danau Sunter, terlihat jelas di pinggir jalan.

Sejarahnya, Masjid ini dibuat oleh seorang pengusaha etnis Tionghoa yang beragama Islam. Masjid dibuat tahun 2011, dengan proses pembangunan selama 5 tahun hingga resmi pada Mei 2016.

Pemberian nama Ramlie Musofa ternyata lekat dengan pemilik dan keluarganya. Sang pemilik, diketahui bernama Ramlie, sedangkan Musofa adalah gabungan dari 3 anak Ramlie. Jadilah nama 'Taj Mahal' ini Masjid Ramlie Musofa.

(Rifkianto/detikcom)(Rifkianto/detikcom)
Masjid memiliki 4 lantai dengan tinggi mencapai 35 meter. Dengan luas tersebut, Masjid Ramlie Musofa dapat menampung hingga 1.000 jamaah. Interiornya bernuansa putih yang nyaman, dengan hiasan marmer di sekitar Masjid.

Bahan marmer menghiasi masjid seluas 2.000 meter. Kabarnya, marmer yang digunakan pun tidak main-main. Langsung didatangkan dari Turki dan Italia lho.

Akulturasi berbagai budaya pun terasa di sini. 3 budaya yakni Arab, China dan Indonesia. Salah satunya di bagian depan, ada tulisan Surat Al Fatihah beserta terjemahannya dalam aksara Tionghoa, Arab dan Bahasa Indonesia.

Surat Al Fatihah 3 terjemahan (Randy/detikcom)Surat Al Fatihah 3 terjemahan (Randy/detikcom)
Ruang Salat juga memiliki nuansa putih yang apik. Di lantai dua, terdapat bedug dengan tulisan aksara Arab serta tempat khusus untuk menikmati pemandangan sekitar Masjid. Pemandangan sejumlah pilar, lampu pijar dan kubah bertuliskan Allah dalam bahasa Arab tampak jelas. Cantik banget!

 Bagian dalam Masjid (Rifkianto/detikcom)) Bagian dalam Masjid (Rifkianto/detikcom)
Di lantai yang sama, ada juga monumen prasasti yang ditandatangani sang pemilik, Ramli Rasidin dan Imam Besar Masjid Istiqlal Profesor Doktor Haji Nasaruddin Umar.

Umumnya, masjid memiliki pengeras suara yang terdengar hingga ke luar bangunan. Namun, di sini hanya ada muadzin yang bertugas mengumandangkan Adzan di dalam Masjid.

Tidak jarang, Masjid Ramlie Musofa pun menjadi destinasi wisata Religi bahkan dikunjungi wisatawan lainnya. Apalagi, saat Bulan Ramadan tersedia takjil gratis bagi para jamaah yang ingin datang. (rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED