Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 09 Mei 2019 12:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

10 Tempat Wisata Kuliner Bandung, Bisa untuk Pilihan Buka Puasa

Niken Widya Yunita
detikTravel
10 Tempat Wisata Kuliner Bandung, Bisa untuk Pilihan Buka Puasa/Foto: Mochamad Solehudin
10 Tempat Wisata Kuliner Bandung, Bisa untuk Pilihan Buka Puasa/Foto: Mochamad Solehudin
Jakarta - Bandung terkenal akan kulinernya yang enak-enak. Kalau kamu lagi ke Bandung, berkunjung ke kuliner di Bandung bisa untuk menu buka puasa.

Selain pemandangannya, kuliner Bandung memang tidak ada duanya. Berikut tempat wisata kuliner Bandung:



1. Batagor Hanjuang

Batagor adalah kuliner khas Bandung. Makanan ini terdiri dari bakso dan tahu goreng. Batagor Hanjuang merupakan salah satu batagor terkenal di Bandung.

Batagor Hanjuang bisa kamu temukan di Jalan Astina. Tepatnya, di belakang Istana Plaza. Batagor ini dijual di dalam gerobak kaki lima. Namun kualitasnya tidak murahan.

2. Kupat Tahu Gempol

Kupat tahu gempol merupakan salah satu kuliner khas Bandung. Makanan ini dijual di kawasan Pasar Gempol Kota Bandung.

Kupat tahu gempol berisi potongan tahu kuning yang digoreng setengah matang dengan ditambah toge rebus dan irisan ketupat. Kemudian, makanan tersebut disiram saus sambal kacang dan ditaburi kerupuk udang.

3. Yoghurt Cisangkuy

Yoghurt Cisangkuy adalah salah satu kuliner Bandung terkenal. Sesuai namanya, kuliner ini bisa ditemukan di Jalan Cisangkuy, Bandung. Rasanya asam, manis, dan segar. Potongan buah dan sirup di dalam yoghurt akan memberikan sensasi rasa yang berbeda.

4. Nasi Kalong

Tampilan nasinya disajikan berwarna hitam seperti badan kelelawar. Itulah sebabnya, makanan ini disebut nasi kalong.

Nasi kalong merupakan salah satu tempat kuliner malam populer di Bandung. Nasi kalong disajikan bersama dengan buncis mentah. Untuk lauknya, kamu bebas memilih yang disukai, misalnya, ayam goreng, tempura udang, dendeng ayam, rolade daging, sambal goreng ati, dan yang lainnya.

5. Es Duren Pak Aip

Kuliner Bandung terkenal ini berlokasi di Jalan Ahmad Yani dan Tubagus Ismail. Es Duren Pak Aip berisi butiran daging buah durian utuh, es serut, dan pemanis tambahan. Pemanis tambahannya antara lain susu kental manis, cokelat, dan gula merah.

6. Cuanki Serayu

Cuanki merupakan jajanan sejenis bakso namun menggunakan kuah dari ikan. Salah satu cuanki terkenal di Bandung adalah Cuanki Serayu. Lokasinua di Jalan Serayu Nomor 2, Cihapit.

7. Seblak Oces

Kuliner Bandung lainnya adalah seblak atau kerupuk yang dimasak menggunakan kuah. Kamu bisa mencoba Seblak Oces yang berada di Jalan Dipati Ukur.

8. Roti Gempol

Roti Gempol berada di Jalan Gempol Wetan No.14, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. Roti ini sangat terkenal di kalangan wisatawan.

Ada banyak pilihan roti yang enak di sini. Mulai dari rasa asin dan manis. Kamu pun bisa menikmatinya sambil minum segelas kopi atau teh panas.

9. Martabak Nikmat Andir

Kuliner enak di Bandung yakni martabak. Salah satu martabak yang lumayan ramai yakni Martabak Nikmat Andir. Martabak ini berlokasi dekat dengan Stasiun Kereta Api Bandung, tepatnya di jalan Jenderal Sudirman nomor 413. Bahan utama martabak ini yaitu pandan jagung dan keju.



10. Kopi Ireng

10 Tempat Wisata Kuliner Bandung, Bisa untuk Pilihan Buka PuasaFoto: sonofmountmalang


Kopi Ireng merupakan tempat wisata kuliner Bandung yang menawarkan racikan kopi ala ahli kopi Karneli Sadikin. Minuman kopi buatannya memiliki rasa dan aroma yang khas.

Kopi Ireng menyuguhkan konsep minum kopi di rumah joglo dengan pemandangan kota Bandung. Lokasinya di Dako Pakar yang terkenal dengan wilayah perbukitan dan udara yang sejuk. Selain sejuk, tempat ini romantis dan artistik.


Tonton juga video Kamu Boleh Gak Puasa Ramadhan Ini, Asalkan...:

[Gambas:Video 20detik]


10 Tempat Wisata Kuliner Bandung, Bisa untuk Pilihan Buka Puasa
(nwy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA