Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 04 Jun 2019 15:47 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Rest Area KM 429 dan Suasana Sunset Terbaik di Tol Trans Jawa

Aji Kusuma
detikTravel
Sunset di Rest Area KM 429 (Aji Kusuma/detikcom)
Sunset di Rest Area KM 429 (Aji Kusuma/detikcom)
Semarang - Mungkin ini rest area dengan pemandangan terbaik di Tol Trans Jawa. Rest Area KM 429 ada di perbukitan Semarang dengan fasilitas lengkap dan menghadap sunset.

Berada di dataran tinggi Kabupaten Semarang, Rest Area Kilometer 429 Tol Trans Jawa Ruas Semarang-Salatiga, memiliki pemandangan yang khas kala matahari tenggelam. Para pemudik yang mampir untuk beristirahat menjelang waktu berbuka, bisa menyaksikan indahnya matahari yang perlahan bersembunyi di balik Gunung Ungaran.

Pantauan detikcom, Senin (3/06/2019), tampak beberapa pemudik sedang mengambil gambar untuk mengabadikan momentum matahari tenggelam. Mereka mengambil gambar dari Taman Batu dan atap kedai penjual makanan di Rest Area 429. Selain itu, juga terdapat fasilitas umum yang meliputi SPBU reguler, masjid, angkringan, pujasera dan minimarket.

"Sengaja sih, sudah mencari lokasi Rest Area yang asyik untuk berfoto. Sekalian istirahat menunggu buka, kan tadi udah seharian jalan, kalau istirahat cuma sebentar, di sini yang agak lama," ujar Ovi Oktaviani, pemudik yang mengaku berasal dari Lampung dengan tujuan Blitar, Jawa Timur.

Rest Area KM 429 dan Suasana Sunset Terbaik di Tol Trans JawaSenja jelang buka puasa di Rest Area Km 429 (Aji Kusuma/detikcom)
Ia menambahkan, cukup puas dengan fasilitas yang ada di Rest Area Km 429, seperti keberadaan masjid dan area wudhu yang cukup besar.

"Masjidnya besar dan bersih, tempat wudhunya juga lumayan banyak, jadi nggak panjang antreanya. Kalau tadi ke toilet juga bersih, ada petugas yang siap membersihkan, oh ya semua fasilitas mulai dari parkir, toilet dan kamar mandi itu juga gratis," terang Ovi.

General Manager Rest Area 429, Telly Fandha, mengimbau kepada pemudik untuk tetap menjaga keamanan dan kenyamanan bersama selama berada di Rest Area 429. Selan itu, Telly menegaskan, pihaknya juga siap merespons cepat jika terdapat aduan terkait pelayanan dan kemanan para pengunjung Rest Area 429.

"Meski nyaman berada di sini, upayakan untuk beristirahat secukupnya saja, sebab banyak pemudik lain yang juga ingin beristirahat. Selain itu tetap waspada dengan barang bawaan, meski kami selalu memantau lewat CCTV, kesadaran masing-masing pengunjung untuk waspada terhadap sekitar harus tetap diperhatikan," tegas Telly.

Rest Area KM 429 dan Suasana Sunset Terbaik di Tol Trans JawaPemudik berfoto saat sunset (Aji Kusuma/detikcom)
(fay/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA