Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 10 Jun 2019 08:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Masih Mudik di Sumbar, Coba Pemandian Air Panas Ini

Syanti Mustika
detikTravel
Pemandian air panas di Tanah Datar (Syanti Mustika/detikcom)
Pemandian air panas di Tanah Datar (Syanti Mustika/detikcom)
Tanah Datar - Kalau kamu masih mudik di Sumatera Barat dan tidak buru-buru pulang, ayo coba pemandian air panas di Tanah Datar. Cocok untuk menutup liburan dengan rileks.

Ada beberapa pemandian air panas alami di Sumatera Barat, salah satunya berada di Nagari Padang Ganting di Kabupaten Tanah Datar. Pemandian alami ini berjarak sekitar 10 km dari pusat Kota Batusangkar.

Kolam di pemandian ini tidaklah besar dan ukurannya beragam dan jumlahnya hanya 5 kolam. Tiga kolam untuk laki-laki dan 2 untuk wanita.

Pada saat momen Lebaran ini, pemandian ini ramai dikunjungi. Pantauan detikcom, Kamis (6/6/2019) semakin sore, pengunjung yang datang semakin ramai. Juga terlihat mobil-mobil dengan plat daerah Jawa memenuhi parkiran.

Untuk masuk ke kawasan pemandian, traveler hanya perlu membeli tiket seharga Rp 5.000 per orang. Dan untuk biaya parkir mobil Rp 3.000 dan motor Rp 2.000.


Yeni, salah satu pedagang yang berjualan di kawasan pemandian mengatakan bahwa pengunjung mulai ramai datang sejak pukul 5 sore.

"Pemandian buka selama 24 jam dan pengunjung ramai sejak pukul 5 sore. Sampai subuh pengunjung akan terus berdatangan," ujar Yeni.

Masih Mudik di Sumbar, Coba Pemandian Air Panas IniFoto: (Syanti Mustika/detikcom)

Di pemandian ini traveler bisa berendam sepuasnya. Tidak ada batasan jam di sini. Namun ada beberapa poin penting yang perlu traveler ketahui yaitu jangan mandi sendirian dan mandi dalam kondisi lapar.

Selain penghilang lelah, kolam air panas ini juga dipercaya punya efek penyembuh. Karena itu ramai juga warga sekitar yang sering mandi ke sini.


"Setiap saya demam, sakit kepala, pegal-pehal saya datang ke sini. Setelah berendam rasa sakit mulai berkurang," ungkap Yanti, pengunjung yang sering datang ke sini.

Setelah puas berendam, traveler bisa mengisi perut dan bersantai di beberapa warung makan yang tersebar di kawasan pemandian. Di sini juga ada fasilitas musala dan penginapan.

Jika traveler tidak ingin berendam bercampur dengan pengunjung lain, juga bisa sewa kamar rendam VIP. Sewa kamar ini Rp 40 ribu perjam dan bisa digunakan untuk keluarga. (sym/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA