Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 12 Jun 2019 09:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Crop Circle Kediri: Keren Buat Wisata, Bagus Juga Buat Petani

Andhika Dwi
detikTravel
Crop Circle di Kediri (Andhika/detikcom)
Crop Circle di Kediri (Andhika/detikcom)
Kediri - Petani merasa sangat senang dan beruntung dengan keberadaan Crop Circle di Kediri. Kualitas pertanian meningkat, wisatawan pun berdatangan.

Para petani Desa Kedungmalang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri tergabung dalam Kelompok Tani Citarum Raharjo 2. Para petani mengaku banyak hal yang dapat diambil manfaatnya dengan adanya Crop Circle.

Sejumlah keuntungan yang didapat dari para petani adalah mereka dapat mengetahui macam varietas tanaman dan buah yang kuat, serta memiliki kualitas unggul untuk ditanam dan dikembangkan. Seperti yang diutarakan oleh Kelompok Tani Citarum Raharjo 2 Desa Kedungmalang, Sumilan (39) kepada detikcom.

(Andhika/detikcom)(Andhika/detikcom)

"Jadi begini, kami petani sini kan banyak menanam padi dan jagung sehingga kita bisa lihat padi dan jagung mana yang kuat dan lebih unggul hasilnya saat ditanam, apakah tahan penyakit, sehingga kita bisa pilih mana yang akan ditanam di lahan kelompok tani kami. Varietas kita kan didapat dari Dinas Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB) Jawa Timur," ucap Sumilan, Selasa, (11/6/2019).

Dalam kesempatan itu, Sumilan juga menjelaskan jika dalam proses pembuatan Crop Circle https://www.detik.com/tag/crop-circle/ tersebut ada beberapa kendala yang dihadapi. Mulai dari ada beberapa varietas tanaman yang membutuhkan penanganan khusus saat menanam, dan kesulitan dalam pembentukan pola gambar logo Dinas Pertanian di tengah areal lahan.

"Ada beberapa hal yang menjadi kendala. Mulai dari beberapa varietas tanaman yang membutuhkan penanganan khusus saat ditanam hingga kesulitan membuat pola gambar lambang dinas pertanian yang diukur dari tengah areal lahan, lainnya Alhamdulillah kami bisa," jelas Sumilan.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kediri, Krisna Setiawan (Andhika/detikcom)Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kediri, Krisna Setiawan (Andhika/detikcom)

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kediri, Krisna Setiawan mengaku dengan adanya Crop Circle di Kabupaten Kediri diharapkan dapat semakin meningkatkan daya tarik tempat wisata di Kediri dan perekonomian masyarakat desa menuju Jatim Cetar, sesuai program Guberbur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. https://www.detik.com/tag/khofifah-indar-parawansa

"Alhamdulillah semoga dengan adanya Crop Circle di Kabupaten Kediri dapat menambah daya tarik wisata dan perekonomian masyarakat desa dan menjadikan Jawa Timur Cetar, sesuai program Bu Khofifah," pungkas Krisna. (bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA