Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 14 Jun 2019 18:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Hal Tentang Pulau Komodo yang Harus Diketahui

Fithria Pratiwi
detikTravel
5 Hal Tentang Pulau Komodo yang Harus Diketahui/Foto: iStock
5 Hal Tentang Pulau Komodo yang Harus Diketahui/Foto: iStock
Jakarta - Ada beberapa hal yang harus diketahui mengenai wisata Pulau Komodo. Dengan terdapatnya hewan langka yang dilindungi menjadikan Pulau Komodo menjadi objek wisata oleh wisatawan lokal maupun asing.
Pulau Komodo dikenal sebagai tempat habitat asli hewan komodo. Selain itu, tempat di sana sangat indah.



Berikut 5 hal tentang Pulau Komodo yang harus diketahui:

1. Pulau Komodo Terletak di Nusa Tenggara

Jika kita lihat peta, Pulau Komodo terletak di Nusa Tenggara di sebelah timur Pulau Sumbawa. Pulau Komodo merupakan ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur yang berbatasan dengan Nusa Tenggara Barat.

2. Sejarah Pulau Komodo

Pemberi nama Pulau Komodo adalah orang Belanda, Steyn Van Hens Broek. Cerita ini berawal dari dia mendengar laporan tentang adanya hewan besar menyerupai naga di pulau tersebut dan membuktikannya. Ketika dia menelusuri ke Pulau Komodo tersebut, kemudian mendokumentasikan dan mempublikasikan di Museum Bogor.

3. Taman Nasional Komodo

Pengelolaan Taman Nasional Komodo dikekola oleh pemerintahan pusat. Taman nasional ini terdiri dari 3 pulau besar yakni Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Padar, serta beberapa pulau kecil.
Taman Nasional ini didirikan untuk melindungi hewan komodo dan habitatnya. Terdapat ratusan spesies hewan yang merupakan perpaduan hewan Asia dan Australia. Terdapat 25 spesies hewan yang dilindungi, karena jumlahnya yang terbatas dan terbatas jumlah penyebarannya.



4. Trip Pulau Komodo

Daya tarik trip Pulau Komodo tidak semata-mata hanya untuk melihat hewan komodo. Panorama savana dan pemandangan bawah laut merupakan daya tarik pendukung. Disana juga dapat melakukan kegiatan memancing, snorkeling, diving, kano, dan bersampan. Di sana kita juga bisa melakukan hiking dan camping bersama teman-teman.

5. Pulau Komodo Pernah Dinobatkan Jadi 7 Keajaiban Warisan Alam yang Ada di Dunia

Pulau Komodo pernah dinobatkan menjadi 7 keajaiban warisan alam yang ada didunia oleh organisasi new7wonders pada tahun 2013. keajaiban lainnya terdapat Halong Bay (Vietnam), Amazon (Amerika Latin), Pulau Jeju (Korea Selatan), Table Mountaint (Afrika Selatan), air terjun Iguazu (Amerika Latin) dan Puerto Princea Underground River (Filipina). Penetapan dilakukan oleh presiden New Seven Wonder Organization, Bernard Weber di Taman Nasional Komodo tanggal 13 September 2013.

Itulah 5 hal yang harus diketahui mengenai Pulau Komodo. Terdapat pula beberapa tour wisata Pulau Komodo dengan berbagai penawaran wisata yang dapat kita nikmati di sekitarnya.


(nwy/fay)
BERITA TERKAIT