Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 16 Jun 2019 12:00 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Uniknya Indonesia, Punya Tradisi Angkat Rumah

Faruk Nickyrawi
detikTravel
Foto: (Faruk Nickyrawi/detikcom)
Foto: (Faruk Nickyrawi/detikcom)
Dompu - Inilah keberagaman budaya Indonesia. Mungkin masih sedikit yang tahu, tapi di Dompu NTB ada tradisi gotong royong mengangkat rumah.

Setiap daerah di Indonesia memiliki adat istiadat tersendiri yang masih terus terjaga kelestariannya. Meski tergolong hampir punah, prosesi dengan sifat gotong royong masih bisa ditemukan diberbagai tempat. Salah satunya terdapat di di Desa Saneo, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Di daerah tersebut ada satu kegiatan yang cukup unik yang dilakukan warga setempat. Namanya Hanta Uma Adat atau Uma Panggung.

Hanta adalah bahasa lokal Dompu yang dalam bahasa Indonesia berarti mengangkat atau memindahkan, sedangkan Uma berarti Rumah. Sehingga Hanta Uma adalah memindahkan rumah.

(Faruk Nickyrawi/detikcom)(Faruk Nickyrawi/detikcom)

Rumah yang bisa dipindahkan ini adalah Uma Panggung atau rumah kayu, rumah ini adalah rumah adat nya warga Dompu yang hingga kini masih digunakan untuk bertempat tinggal.

Dalam prosesinya, proses hanta uma ini harus dilakukan oleh banyak orang hingga mencapai puluhan orang. Setiap orang mengambil bagian masing-masing.

Uniknya, hanta uma tidak sembarang dilakukan, harus ada panggita atau ahli khusus untuk mengarahkan warga agar posisi rumah yang diangkat tidak miring bahkan salah tempat. Rumah diangkat dengan menggunakan batangan kayu panjang yang telah diikat pada Ri'i (tiang rumah).

(Faruk Nickyrawi/detikcom)(Faruk Nickyrawi/detikcom)

Warga yang ingin memindahkan rumahnya terlebih dahulu menginformasikan kepada warga lain melalui toa masjid. Di situ warga dengan sendirinya berbondong-bondong datang ke tempat rumah yang akan dipindahkan.

Setelah selesai memindahkan rumah dari tempat lama ke tempat baru, semua warga kemudian menikmati santapan yang sebelumnya telah disiapkan oleh pemilik rumah. Di moment inilah keakraban warga terjalin erat.

Bagi Anda para traveler yang berkunjung ke Dompu, ada baiknya jika menyempatkan waktu ke Desa Saneo. Jika beruntung, Anda akan menyaksikan langsung prosesi ini dan ikut membantu serta berbaur dengan warga masyarakat setempat. (bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA