Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 23 Jun 2019 12:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Asyiknya Bersepeda Melintasi Alam di Kaki Gunung Ungaran

Aji Kusuma Admaja
detikTravel
Sepedaan di kaki Gunung Ungaran (Aji Kusuma Admaja/detikcom)
Sepedaan di kaki Gunung Ungaran (Aji Kusuma Admaja/detikcom)
Semarang - Bersepeda adalah pilihan olahraga menarik untuk mengisi akhir pekan. Jika sedang berkunjung ke Ungaran, coba gowes lewat jalur Seleses di kaki Gunung Ungaran.

Minggu pagi ini (23/6/2019) detikcom berkesempatan menyusuri trek Seleses. Tak begitu terjal, Rute yang dilalui saat bersepeda di trek Seleses. Pantauan kami di lapangan, trek hanya melewati tanjakan-tanjakan ringan dan jalur tatanan batu yang tak terlalu sulit dilalui.

Sisi yang menarik di trek Seleses bukanlah tantangan jalur ekstrem, melainkan suguhan pemandangan alam yang menyejukkan. Di sepanjang perjalanan, goweser akan melihat bentang areal persawahan yang subur, sumur pompa air milik PDAM, kegagahan Gunung Ungaran dan finish di sumber air Seleses.

Ada catatan khusus saat melewati sumur pompa air PDAM, para goweser dilarang memasuki areal sumur pompa. Hal itu disebabkan, sumur pompa merupakan areal terbatas dan steril dari masyarakat umum. Namun, pemandangan alam di luar sumur pompa sangat instagramable untuk dijadikan latar berfoto.

Asyiknya Bersepeda Melintasi Alam di Kaki Gunung UngaranFoto: (Aji Kusuma Admaja/detikcom)
Meski pompa air PDAM adalah areal terbatas, tapi jangan khawatir. Di bagian luar pagar, terdapat pipa besar yang mengalirkan air jernih. Di tempat itu goweser dipersilakan untuk menikmati dingin dan segarnya air murni dari Sumber Seleses.

Cukup mudah untuk menempuh rute Seleses, start dimulai dari Pasar Babadan yang sekaligus menjadi lokasi parkir kendaraan. Lalu menyeberang pasar dan menuju ke Desa Kalidoh. Setelah tiba di ujung desa, goweser akan tiba di pintu masuk gerbang sumur pompa, lalu ikuti saja trek batu yang akan mengantarkan perjalanan menuju areal persawahan.

Asyiknya Bersepeda Melintasi Alam di Kaki Gunung UngaranFoto: (Aji Kusuma Admaja/detikcom)
Di lokasi itu para goweser dapat berhadapan langsung dengan panorama indah Gunung Ungaran. Lalu masih mengikuti jalur tanah, tibalah di akhir tujuan yakni sumber air Seleses.

Jarak yang ditempuh pulang pergi sekitar 3,5 kilometer. Jangan lupa membawa minuman dan makanan ringan, karena sangat tepat areal sumber air dijadikan lokasi mengisi kembali tenaga. Oh ya, jangan lupa membawa kamera dan tetap menjaga kebersihan sumber mata air.

(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA