Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 24 Jun 2019 11:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pasar Van der Capellen, Destinasi Hits Kuliner di Sumbar

Syanti Mustika
detikTravel
Pengunjung di Pasar Van der Capellen (Syanti/detikcom)
Pengunjung di Pasar Van der Capellen (Syanti/detikcom)
Batusangkar - Terdapat beberapa pasar kuliner di Sumatera Barat, satunya berada di Kabupaten Tanah Datar. Wisata kuliner berpadu budaya ini jadi sasaran liburan akhir pekan.

Menikmati keindahan Minangkabau tak lengkap rasanya bila tak mencicipi racikan masakan setempat. Nah, jika kamu liburan ke Kabupaten Tanah Datar, datang saja ke Pasar Van der Capellen yang berada di Batusangkar.

Minggu lalu detikcom berkunjung ke sana dan menikmati beberapa kuliner yang dijajakan di sana. Banyak hal menarik yang bisa kamu temukan di sana lho.

Pintu masuk dan tempat penukaran uang koin (Syanti/detikcom)Pintu masuk dan tempat penukaran uang koin (Syanti/detikcom)

Pasar Van der Capellen berada di kawasan benteng bersejarah yang ada di Batusangkar, yaitu Benteng Van der Capellen. Benteng ini merupakan peninggalan sejarah dari Belanda yang telah ada semenjak tahun 1822.

Setiap akhir pekan, tepatnya hari Minggu terdapat pasar kuliner dengan ragam makanan khas Minang yang bisa kamu buru. Pasar ini buka dari jam 07.00-12.00 WIB. Pasar Van der Capellen telah ada semenjak September 2018.



(Syanti/detikcom)(Syanti/detikcom)

Perlu nih traveler ketahui, di sini kamu tidak bisa berbelanja dengan uang tunai, melainkan harus membayar dengan uang koin khusus. Traveler harus menukarkan uang di meja yang berada di pintu masuk. Setiap koin bernilai Rp 2.500 dan bisa ditukarkan berapapun nominal yang traveler butuhkan.

Adapun makanan yang bisa traveler buru di sini seperti sate, kerupuk kuah, ketupat sayur, aneka minuman, gorengan, minuman kawa daun, olahan kopi, keripik, snack-snack kering dan lainnya. Bahkan juga ada aneka kerajinan tangan yang bisa kamu beli untuk oleh-oleh. Harganya pun bervariasi, mulai dari 1 koin (Rp 2.500) dengan rasa makanan yang pastinya enak!

(Syanti/detikcom)(Syanti/detikcom)

Selain menikmati ragam kuliner, di sini kamu juga bisa berburu foto Instagramble. Terdapat beberapa spot foto yang disediakan panitia yang bisa kamu gunakan. Seperti latar sayap malaikat, spot dapur, payung dan papan nama Pasar Van der Capellen. Dari sini juga kamu bisa melihat Gunung Merapi dengan jelas lho.

(Syanti/detikcom)(Syanti/detikcom)

Saat kamu menikmati kuliner nantinya juga live music yang menenami traveler bersantap. Jika kamu suka bernyanyi juga bisa maju dan menyumbangkan beberapa lagu lho.

detikcom sarankan, jika ingin datang ke sini datanglah tepat pada saat pasar di buka. Karena jika kamu datang lewat dari pukul 09.00 sebagian besar makanan telah banyak habis dan kamu tak akan puas.

Selamat berkunjung.



(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA