Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 26 Jun 2019 15:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

13 Air Terjun Terindah di Indonesia, Kamu Harus Kunjungi!

Fithria Pratiwi
detikTravel
13 Air Terjun Terindah di Indonesia, Kamu Harus Kunjungi!/Foto: istimewa
13 Air Terjun Terindah di Indonesia, Kamu Harus Kunjungi!/Foto: istimewa
Jakarta - Air terjun merupakan tempat wisata yang dapat dikunjungi untuk berlibur. Ada banyak air terjun terindah di Indonesia yang dapat menjadi list kunjunganmu.

Indonesia mempunyai air terjun yang memiliki pesonanya masing-masing. Air terjun Indonesia menyimpan pesona keindahan yang mengagumkan sehingga banyak di antaranya memilih berwisata ke sana. Di mana saja air terjun terindah yang dimiliki Indonesia? Inilah beberapa air terjun terindah yang wajib kamu kunjungi:



1. Air Terjun Sri Gethuk

Air terjun Sri Gethuk menjadi salah satu air terjun terindah yang wajib kamu kunjungi. Nama lain dari air terjun ini yaitu Air Terjun Slempret. Air terjun ini memiliki aliran air yang terpecah di celah tebing. Lokasi air terjun ini berada di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunung Kidul.

2. Air Terjun Madakaripura

Untuk menikmati wisata air terjun di Jawa Timur kamu dapat mengunjungi Air Terjun Madakaripura. Mengunjungi Air Terjun Madakaripura dapat menghipnotis kamu dengan pesana keindahannya. Air terjun yang mempesona ini menjadi air terjun tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 620 mdpl. Lokasinya berada di Dusun Branggah, Negorojero, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur.

3. Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo dapat menjadi pilihan wisata air terjun di Bogor. Curug Leuwi Hejo disebut leuwhi hejo karena air terjun ini membentuk kolam kecil dengan air yang berwarna hijau. Air terjun ini berlokasi di Kampung Wangun Cileungsi, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Bogor.

4. Air Terjun Lembah Anai

Air terjun Lembah Anai menjadi lokasi ikonik yang ada di Sumatera Barat. Lokasinya berada persis di pinggir jalan dari Pariaman ke arah Bukit Tinggi. Air terjun ini dikenal dengan sebutan Aia Mancua Lembah Anak. Airnya mengalir langsung dari Sungai Batang Lurah Dalam dari Gunung Singgalang. Suasana hijau dan udara segar dapat kamu rasakan ketika menginjakkan kaki di sana.

5. Air Terjun Tama'lulua

Air terjun Tama'lulua menjadi salah satu air terjun teristimewa yang terletak di Jeneponto, Sulawesi Selatan. Air terjun ini juga dikenal dengan nama Air Terjun Bossolo. Lokasinya terletak di Desa Ramba, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Keneponto, Sulawesi Selatan.

6. Air Terjun Banyumala

Pulau Dewata juga memiliki air terjun yang menyuguhkan keindahan yang bisa kamu nikmati. Air terjun Banyumala berada di dasar sebuah lembah dengan tiga sisi air terjun. Air terjun yang terbesar berada di tengahnya. Airnya yang mengalir membentuk sebuah kolam alami yang airnya jernih dan segar. Lokasi air terjun ini berada di Desa Wanagiri, Sukasada, Buleleng, Bali.

7. Air Tejun Sendang Gile

Air terjun Sendang Gile menjadi salah satu air terjun terindah yang dapat menjadi kunjungan wisatamu. Air terjun ini berada di kawasan hutan Taman Nasional Gunung Rinjani NTB. Terdapat 2 tingkatan pada air terjun ini, tingkat pertama meluncur jatuh dari tebing dan tingkatan kedua merupakan terusan air yang pertama lalu jatuh ke dalam kolam di dasarnya.

8. Air Terjun Saluopa

Air Terjun Saluopa bersumber dari mata air yang mengalir dari puncak gunung kemudian melewati batuan gunung sebanyak 12 tingkat. Di setiap tingkatnya terdapat tangga batu yang menyambungkan ke tingkat selanjutnya. Air terjun ini berlokasi di Desa Lebone, Kecamatan Pamona Pusalemba, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

9. Air Terjun Sigura-gura

Air Terjun Sigura-gura berada di wilayah Medan, Sumatera Utara. Lebih tepatnya berada di 250 km dari Kota Medan. Sumber air yang mengalir berasal dari Sungai Asahan dan Danau Toba.



10. Air Terjun Moramo

Air Terjun Moramo merupakan air terjun yang unik karena berbeda dari air terjun lainnya. Air terjun ini memiliki 7 undakan berukuran besar serta puluhan undakan yang berukuran kecil. Di sekitar air terjun terdapat bebatuan marmer yang menambah keindahannya. Lokasi air terjun ini berada di kawasan Suaka Margasatwa Tanjung Peropa, Sulawesi Tenggara.

11. Air Terjun Coban Pelangi

Air Terjun Coban Pelangi menyuguhkan pemandangan pelangi di sekitar air terjun. Kamu dapat menyaksikan pemandangan ini dengan datang ke sana sekitar pukul 10:00-14:00. Pada waktu tersebut matahari yang sudah cukup tinggi akan memantulkan sinarnya ke sekitar air terjun. Pantulan tersebut akan membuat terlihat berwarna-warni seperti pelangi. Air Terjun Coban Pelangi termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo, tepatnya di Desa Gubugklakah, Poncokusumo, Malang.

12. Air Terjun Nglirip

Air terjun Nglirip berada di Pendukuhan Jojogan, Desa Mulyoagung, Singgahan, Tuban, Jawa Tengah. Air terjun ini berasal dari beberapa sumber air di daerah Hutan Krawak. Airnya yang jernih dan alirannya yang cukup deras membuat suasana di sekitar air terjun terasa sejuk. Di balik air terjun kamu juga bisa menemukan sebuah gua yang kabarnya sering digunakan sebagai tempat bersemedi.

13. Air Terjun Grojogan Sewu

Air terjun Grojogan Sewu terletak di kawasan Hutan Wisata Grojogan Sewu, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Di sana terdapat beberapa titik air terjun yang dapat dinikmati. Sementara air terjun tertinggi yang ada, tingginya mencapai sekitar 80 meter.

Itulah beberapa wisata air terjun terindah yang bisa menjadi pilihan liburanmu. Kamu dapat menikmati waktu liburan dengan pesona alam yang indah dari Indonesia.

(nwy/fay)
BERITA TERKAIT
NEWS FEED