Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 08 Jul 2019 12:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mengenal Pulau Lembeh yang Dipuji Jokowi

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Pulau Lembeh (Wahyu/detikcom)
Pulau Lembeh (Wahyu/detikcom)
Lembeh - Baru-baru ini, Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Sulawesi Utara. Di sana, Jokowi memuji keindahan Pulau Lembeh. Yuk, lihat pulau ini lebih dekat!

Minggu lalu, Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Sulawesi Utara. Di sana, orang nomor satu di republik ini berkunjung ke beberapa destinasi, salah satunya Taman Nasional Laut Bunaken.

BACA JUGA: Puja-puji Jokowi Pada Keindahan Sulawesi Utara

Selain Bunaken yang sudah lebih dulu terkenal, Jokowi juga memuji Pulau Lembeh yang disebutnya punya pesona keindahan yang tak kalah dengan Bunaken. Sampai-sampai Jokowi mengunggah foto dan mempromosikan Pulau Lembeh di akun Instagramnya.

"Sulawesi Utara tidak hanya punya Taman Nasional Bunaken di Teluk Manado, tapi juga Pulau Lembeh. Pulau ini punya pesona keindahan pantai, resor, juga lokasi penyelaman di lautnya," tulis Jokowi di Instagram.

View this post on Instagram

Selamat pagi. Selama dua hari kemarin saya berkunjung ke Sulawesi Utara, provinsi yang pariwisatanya sedang menggeliat. Empat tahun terakhir, kunjungan wisatawan ke daerah itu meningkat hingga 600 persen. Sulawesi Utara tidak hanya punya Taman Nasional Bunaken di Teluk Manado, tapi juga Pulau Lembeh. Pulau ini punya pesona keindahan pantai, resor, juga lokasi penyelaman di lautnya. Kemarin, sebelum kembali ke Jakarta, saya pun ke Pelabuhan Samudra di Kota Bitung, lokasi terdekat jika hendak berwisata ke Pulau Lembeh dengan kapal feri. Melihat potensi pulau ini, pemerintah pusat hendak membangun jembatan yang akan menghubungkannya langsung ke daratan Kota Bitung. Jembatan sepanjang satu kilometer itu akan membelah perairan sempit Selat Lembeh, dan terhubung dengan jalan tol Manado-Bitung jika selesai pada tahun depan. Dengan adanya jembatan, pariwisata Pulau Lembeh akan lebih hidup lagi.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on Jul 5, 2019 at 7:08pm PDT



Tak salah memang jika Presiden Jokowi memuji Pulau Lembeh. Pertengahan bulan Februari lalu, detikcom berkesempatan mengunjungi Pulau Lembeh dan menyaksikan sendiri betapa indahnya pulau ini.

Menyebut nama Lembeh, sudah pasti tidak bisa dilepaskan dari dunia diving. Ada kurang lebih 95 diving spot di Perairan Selat Lembeh. Semuanya punya kelebihan masing-masing.

Saking banyaknya spot diving di sekitar pulau ini, ada diver yang menyebut butuh setidaknya 20 tahun untuk menyelami semua titik diving di Selat Lembeh. Lembeh pun begitu terkenal di kalangan diver sebagai surga untuk para pecinta fotografi makro.

Betapa tidak, Lembeh dikenal sebagai 'rumah' bagi kuda laut pygmy alias kuda laut yang berukuran mini. Pun biota laut lain yang unik dan endemik, karena tidak bisa ditemukan di daerah lainnya di Indonesia.

Pygmy Sea Horse di Selat Lembeh (iStock)Pygmy Sea Horse di Selat Lembeh (iStock)

Tak cuma diving, traveler bisa juga berkeliling Pulau Lembeh dan melihat beberapa destinasi wisata lainnya. Karena ukurannya tidak terlalu besar, berkeliling Pulau Lembeh bisa dilakukan selama seharian.

Beberapa destinasi yang bisa traveler kunjungi antara lain: Tugu Trikora hingga Patung Yesus Memberkati. Di kawasan Tugu Trikora, traveler bisa melihat pesawat DC-3 Dakota TNI AU yang dulu pernah digunakan dalam operasi Trikora dalam rangka membebaskan Papua.

Sementara itu, di Patung Yesus Memberkati, traveler bisa menikmati panorama Selat Lembeh dari ketinggian. Patung setinggi 30 meter ini merupakan kembaran dari Patung Cristo Redentor yang ada di Brasil.

Patung Yesus Memberkati di Pulau Lembeh (Wahyu Setyo/detikcom)Patung Yesus Memberkati di Pulau Lembeh (Wahyu Setyo/detikcom)

Tak cuma melontarkan pujian untuk Pulau Lembeh, Presiden Jokowi pun mengungkapkan rencananya untuk memajukan pariwisata di Pulau Lembeh. Salah satunya akan membangun jembatan sepanjang 1 Km yang menghubungkan pulau cantik ini dengan daratan Kota Bitung.

"Melihat potensi pulau ini, pemerintah pusat hendak membangun jembatan yang akan menghubungkannya langsung ke daratan Kota Bitung. Jembatan sepanjang satu kilometer itu akan membelah perairan sempit Selat Lembeh, dan terhubung dengan jalan tol Manado-Bitung jika selesai pada tahun depan. Dengan adanya jembatan, pariwisata Pulau Lembeh akan lebih hidup lagi," lanjut Jokowi.

Semoga dengan segala potensi keindahan yang dimiliki Pulau Lembeh, serta realisasi dari rencana Presiden Jokowi, pariwisata di pulau cantik ini akan makin berkembang di masa depan dan mampu menarik kunjungan wisman.

Simak Video "Hormat, Salam dan Pelukan Hangat Jokowi-Prabowo"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED