Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 13 Jul 2019 22:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Menjelajahi Langit Cantik Wonogiri, Siapa Mau?

Aris Arianto
detikTravel
Paralayang di Bukit Joglo, Wonogiri (Aris/detikcom)
Paralayang di Bukit Joglo, Wonogiri (Aris/detikcom)
Wonogiri - Wonogiri disebut-sebut merupakan surga bagi pecinta wisata maupun olahraga dirgantara. Ini tempat seru buat main paralayang di sana.

Landasan pacu itu adalah Bukit Joglo, Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri. Lokasinya berada di sisi barat laut Waduk Gajah Mungkur yang melegenda itu. Di sini pengunjung bisa merasakan sensasi bergantole maupun paralayang di atas waduk dan perbukitan hijau.

Jangan khawatir jika anda belum menguasai teknik gantole. Sebab pengelola menyediakan bantuan tenaga instruktur. Pengunjung diajari terbang dengan tandem bersama instruktur profesional.
Menjelajahi Langit Cantik Wonogiri, Siapa Mau?Foto: Pemandangannya luar biasa cantik! (Aris/detikcom)


Sangat mudah untuk bisa sampai di Bukit Joglo. Sebelum memasuki pintu utama obyek wisata Waduk Gajah Mungkur, bakal terlihat gapura landasan pacu di sisi jalan. Masuk saja melalui gapura itu dan ikuti jalur itu sepanjang sekitar tiga kilometer hingga sampai ke lokasi.

Tapi ingat, pastikan kondisi kendaraan benar-benar prima serta kemampuan berkendara juga baik. Pasalnya jalan yang dilalui tidak datar melainkan menanjak dan berkelok cukup ekstrim.

Salah satu atlet gantole profesional, Wahyu Kendil, kepada detikcom, Jumat (12/7/2019), mengatakan untuk olahraga dirgantara, Wonogiri merupakan surga para atlet. Pasalnya lokasi yang dimiliki Wonogiri, yakni landasan pacu gantole di Puncak Joglo, Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, dia sebut memiliki karakter kuat.

Menjelajahi Langit Cantik Wonogiri, Siapa Mau?Foto: Persiapan olahraga (Aris/detikcom)


"Puncak Joglo Wonogiri itu memiliki lintasan dan thermal atau pergerakan udara vertikal terbaik. Sangat cocok untuk nomor cross country. Para atlet bisa menempuh jarak jauh hingga ke utara Jawa Tengah bahkan Jatim," jelas Wahyu kepada detikcom baru-baru ini.

Thermal sangat mudah terbentuk di sekitar Wonogiri. Pasalnya, terang Wahyu, memiliki faktor pembentuk thermal sangat banyak, misalnya deretan bebatuan, tumbuhan hijau, air, hingga sinar matahari yang mencukupi.

BACA JUGA: Pesona Pantai-pantai Wonogiri yang Cantik

Kepala Desa Sendang, Sukamto mengaku pihaknya sudah bekerjasama dengan FASI (Federasi Aero Sport Indonesia) khususnya pengembangan olahraga gantole. Kerap digelar event berskala internasional di Puncak Joglo.

"Di sini kita bisa melihat indahnya Waduk Gajah Mungkur dan kota Wonogiri dari langit," jelas Sukamto.

Menjelajahi Langit Cantik Wonogiri, Siapa Mau?Foto: (Aris/detikcom)


Disampaikan dia, Bukit Joglo digarap beberapa tahun lalu, dan kini telah mengalami banyak perubahan. Seiring banyaknya pengunjung yang menikmati panorama sekaligus berselfie di sejumlah spot sekaligus menjajal fasilitas gantole yang ada di tempat tersebut.

"Saat ini Bukit Joglo telah kami lengkapi dengan gasebo, mushola dan MCK," tutur dia.

Di komolek Bukit Joglo, ada lagi tempat wisata yang bisa dikunjungi, yakni Watu Cenik sebagai spot selfie, dan landasan gantole untuk nomor ketepatan mendarat di Bukit Prampelan. Keduanya berada di bawah bukit joglo. Untuk bisa menikmati tiga lokasi itu cukup merogoh kocek Rp 5 ribu per orang.

Simak Video "Mie Pentil dari Wonogiri yang Kenyal dan Nikmat"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA