Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 17 Jul 2019 18:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Cantik Rupawan Pulau Lengkuas di Bumi Laskar Pelangi

Shinta Angriyana
detikTravel
Foto: (Shinta Angriyana/detikcom)
Foto: (Shinta Angriyana/detikcom)
Belitung - Bumi Laskar Pelangi alias Belitung diberkahi pantai-pantai yang cantik. Salah satunya adalah Pulau Lengkuas dengan mercusuar ikonik.

Pulau Lengkuas terletak di Provinsi Bangka Belitung, dapat ditempuh dari Pantai Tanjung Kelayang. Kalau dari kota Tanjung Pandan, dapat ditempuh sekitar 20-30 menit, kemudian naik kapal sekitar 15-20 menit.

Salah satu yang ikonik dari pulau ini adalah Mercusuar yang menjulang tinggi. Mercusuar dibangun pada jaman pemerintahan kolonial Belanda pada tahun 1882 silam. Dengan tinggi 18 lantai mercusuar ini masih kokoh dan berfungsi dengan baik sebagai penuntun kapal yang keluar masuk Pulau Belitung.

Namun sayang, sejak tahun 2016 pengunjung sudah tidak diperbolehkan lagi naik ke atas mercusuar karena alasan keamanan. Jadilah hanya bisa berkeliling di sekitarnya saja.

Hamparan pasir jernih (Shinta Angriyana/detikcom)Hamparan pasir jernih (Shinta Angriyana/detikcom)


Tapi jangan khawatir, di sekitarnya masih banyak atraksi yang bisa dilihat. Seperti pasir putih dengan hamparan laut biru yang cantik banget. Dijamin, betah kalau duduk santai di sana.

Saat detikcom datang, angin cukup kencang dan matahari sedang cerah-cerahnya sekitar pukul 10 pagi. Hamparan pasir putih terlihat jelas, begitupun gradasi air laut biru yang menyejukkan mata.

Sejumlah orang yang berkunjung biasanya bermain pasir karena ombak yang cenderung tenang. Ada juga yang menikmati dengan bersantap, karena beberapa penjual makanan juga tersedia di sini.

 Laut dengan batu granit di sekitarnya (Shinta Angriyana/detikcom) Laut dengan batu granit di sekitarnya (Shinta Angriyana/detikcom) Foto: undefined



Kapal-kapal berjejer di bagian depan pulau, membawa pengunjung yang asyik bermain ke sana. Bisa dibilang pantai cukup bersih sehingga kegiatan mantai pun cukup nyaman dilakukan.

BACA JUGA: Saran Menteri Pariwisata, Belitung Contohlah Bintan

Selain itu, traveler juga harus mencoba snorkeling. Beberapa biota laut bisa ditemukan, dengan ikan-ikan yang bervariasi. Jangan lupa mengabadikan momen dengan membawa underwater camera ya!

Kapal-kapal pengantar wisatawan (Shinta Angriyana/detikcom)Kapal-kapal pengantar wisatawan (Shinta Angriyana/detikcom) Foto: undefined

Batu-batu granit, yang jadi ikon pulau di Belitung juga ada di Pulau Lengkuas. Wisatawan pun umumnya mengabadikan momen di sini. Hati-hati jika naik ke atas batu, jangan sampai terjatuh. Karena jika basah, cenderung licin.

Untuk masuk ke Pulau Lengkuas, traveler pun tidak perlu membayar biaya alias gratis. Jika ikut agen perjalanan, umumnya traveler akan di bawa ke sini sebagai salah satu tempat yang paling populer.

(sna/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA