Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 23 Jul 2019 06:35 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

4 Fakta Gunung Panderman dan Pesonanya yang Cocok untuk Dikunjungi

Niken Widya Yunita
detikTravel
4 Fakta Gunung Panderman dan Pesonanya yang Cocok untuk Dikunjungi/Foto: Istimewa
4 Fakta Gunung Panderman dan Pesonanya yang Cocok untuk Dikunjungi/Foto: Istimewa

FOKUS BERITA

Naik Gunung Agustusan
Jakarta - Hutan yang berada di lereng Gunung Panderman, Jawa Timur, kebakaran. Seperti apa sebenarnya Gunung Panderman itu? Simak faktanya di sini.

Kebakaran terjadi Minggu (21/7/2019) sekitar pukul 19.45 WIB. Informasi Gunung Panderman terkini yakni jalur pendakian ke gunung tersebut ditutup sampai waktu yang tidak ditentukan. Upaya pemadaman pun sudah dilakukan oleh ratusan personel gabungan sejak tadi pagi. Untuk saat ini, api masih membakar semak belukar di area hutan lindung.

Mau tahu tentang Gunung Panderman. Berikut fakta-faktanya dan pesona Gunung yang cocok dikunjungi:



1. Terletak di Batu

Gunung Panderman terletak di Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia. Tepatnya berada dusun Toyomerto, Desa Pesanggrahan, Kota Batu

2. Berasal dari Nama Orang Belanda

Nama Panderman disebut diambil dari nama seorang pendaki pertama asal Belanda yakni Van Der Man. Van Der Man mengagumi keindahan gunung itu pada masanya.

Dari Van Der Man, penduduk sekitar menjadikannya nama gunung tersebut dengan Gunung Panderman.

3. Memiliki Ketinggian 2.045 mdpl

Gunung Panderman memiliki ketinggian 2.045 mdpl. Banyak pendaki berliburan atau masyarakat yang mengunjungi tempat ini. Untuk mendaki ke Gunung Panderman tidak dikenakan biaya alias gratis.



4. Estimasi Waktu Mendaki 3 Jam

Estimasi waktu mendaki Gunung Panderman sekitar tiga jam. Saat sudah sampai di gunung tersebut, kamu akan terpesona dengan keindahan alamnya.

Medan yang harus kamu lalui adalah Jalan Makadam sepanjang satu kilometer dengan berada di ketinggian 1.330 mdpl untuk mencapai ke pos pertama. Di sini kamu bisa istirahat sebentar karena terdapat sumber mata air yang bisa digunakan untuk minumdan sebagainya.

Usai istirahat, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke puncak Gunung Panderman. Setelah melanjutkan perjalanan menuju puncak kamu akan menemui pos latar ombo. Kamu bisa beristirahat sejenak karena ini merupakan peristirahatan terakhir. Untuk menuju puncak, kamu membutuhkan sekitar 1 jam lagi untuk sampai di puncak Gunung Panderman.

Pilihlah jalan ke timur yang akan menuju ke puncak. Di situlah puncak Gunung Panderman dengan view yang memesona dengan hiasan lampu-lampu Kota Batu yang berkilau dari atas gunung. Luar biasa!


(nwy/lus)

FOKUS BERITA

Naik Gunung Agustusan
BERITA TERKAIT