Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 26 Jul 2019 16:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ciamis Punya Perpustakaan Luar Angkasa

Dadang Hermansyah
detikTravel
Perpustakaan di Ciamis bertemakan luar angkasa (Dadang/detikcom)
Perpustakaan di Ciamis bertemakan luar angkasa (Dadang/detikcom)
Ciamis - Jangan kaget kalau traveler berkunjung ke Perpustakaan Daerah Ciamis. Kalian akan merasakan sensasi membaca buku seperti sedang berada di luar angkasa.

Dalam rangka menarik minat baca anak-anak, Perpustakaan Daerah Kabupaten Ciamis berinovasi dengan membuat sebuah ruangan baca khusus untuk anak-anak. Ruangan itu bertema luar angkasa, lengkap dengan planet dan pesawat ulang-alik.

Ruangan baca bertema luar angkasa ini terlihat elegan dan futuristik. Namun memiliki hiasan yang unik dan menarik. Bagian lantai, dinding dan atapnya dicat gelap dan dihiasi bintang-bintang kecil dan galaksi. Pada dinding ruangan juga terdapat susunan tata surya yang mengelilingi matahari.

Pada bagian atap susunan planet digantung sesuai dengan urutan mulai dari matahari, Merkurius, Venus, Bumi, mars dan selanjutnya. Di ruangan dengan daya tampung sampai 50 anak ini terdapat buku-buku bertema ruang angkasa.

Bangku di ruangan tersebut disesuaikan, berbentuk bundar dan di tengahnya terdapat bulatan berwarna kuning menyerupai matahari. Suasana tersebut serasa sedang membaca di luar angkasa. Juga dilengkapi pengeras suara untuk menjelaskan planet-planet yang ada di tata surya.

Bentuk meja seperti matahari (Dadang/detikcom)Bentuk meja seperti matahari (Dadang/detikcom)


BACA JUGA: Ini Jenis Situs 'Batu Puzzle' di Ciamis

Kasubag Umum dan Kepegawaian Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Ciamis Nia Kurniawan menjelaskan ruangan baca tersebut khusus untuk anak-anak. Dibuka untuk umum, tapi apabila ada rombongan dari kelompok bermain (Kober), Paud dan TK.

"Kalau ada rombongan dari Paud dan TK, ketika datang mencari buku-buku dulu untuk dibaca, lalu diarahkan ke ruangan ini. Ya memang pas datang harus memberikan surat permohonan sebagai administrasi saja, secara lisan juga bisa," ujar Nia saat ditemui di Perpusda, Kamis (25/7/2019).

Koleksi buku di perpustakaan ini (Dadang/detikcom)Koleksi buku di perpustakaan ini (Dadang/detikcom)


Nia menjelaskan, ruangan tersebut mulai dibuka sejak tahun lalu, namun kali ini cukup ramai digunakan. Dengan ruangan tersebut kunjungan anak-anak ke Perspusda Ciamis mengalami peningkatan.

"Yang berkunjung banyak, sampai ratusan setiap harinya. Tujuan dibuatnya ruangan ini memang dibuat untuk daya tarik anak-anak. Supaya meningkatkan minat baca anak, terutama datang ke perpustakaan," terangnya.

BACA JUGA: Batu Mistis di Ciamis yang Mitosnya Tak Bisa Hancur

Menurut Nia, ruang baca dengan konsep luar angkasa ini baru pertama di Ciamis. Ke depan, Perpusda Ciamis juga akan dilengkapi ruangan audio visual untuk menarik para pelajar dan warga Ciamis mengunjungi perpustakaan.

Perpustakaannya unik ya? (Dadang/detikcom)Perpustakaannya unik ya? (Dadang/detikcom)


Simak Video "Mudik Lewat Ciamis? Cobain Colok Gembrung Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA