Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 27 Jul 2019 17:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Jembatan Sigandul yang Fotogenik di Temanggung

Eko Susanto
detikTravel
Jembatan Sigandul di Temanggung (Eko Susanto/detikcom)
Jembatan Sigandul di Temanggung (Eko Susanto/detikcom)
Temanggung - Ada yang menarik di kawasan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Kini kawasan ini punya jembatan yang jadi spot foto, namanya Sigandul.

Traveler yang ingin jalan-jalan melintas di kawasan ini, jika cuaca cerah dan beruntung bisa melihat keindahan Gunung Sindoro dan Sumbing, dari kejauhan. Selain itu, bisa melihat pemandangan tanaman yang menghijau di sepanjang jalan yang dilalui.

Beberapa waktu yang lalu, detikcom sempat melintas di kawasan tersebut yang menempuh perjalanan dari Kota Magelang menuju kawasan Kledung, Temanggung. Saat itu, cuaca cerah sehingga bisa melihat Gunung Sindoro dan Sumbing. Selain itu, bisa melihat tanaman menghijau yang kebanyakan ditanami tembakau.

Di kawasan Kledung, Temanggung ini, bukan hanya Embung Kledung saja yang bisa dinikmati. Ada satu lagi yang tak kalah menariknya yakni Jembatan Sigandul.

Jembatan Sigandul yang Fotogenik di TemanggungFoto: (Eko Susanto/detikcom)
Sebelum ada Jembatan Sigandul ini, saat melewati kawasan ini dulunya perlu ekstra hati-hati karena kondisi jalan berkelok-kelok. Kemudian, turunan yang curam serta tajam. Namun semenjak ada Jembatan Sigadul tersebut tidak lagi melewati jalan berkelok-kelok, namun melewati jembatan ini.

Semenjak ada Jembatan Sigandul, seiring berjalannya waktu lokasi ini sering dijadikan tempat selfie maupun foto-foto. Hal ini karena pemandangannya yang bagus dan kebanyakan mereka berfoto-foto dari bawah jembatan, tepatnya di lokasi jalan lama yang sudah tidak dipergunakan lagi. Sedangkan selfie maupun foto-foto tersebut dengan latar belakang Jembatan Sigandul.

Demikian, juga terkadang orang yang sedang melintas di kawasan ini berhenti sejenak, selain istirahat juga selfie-selfie dengan latar belakang Jembatan Sigandul.

"Kami berdua menempuh perjalanan dari Banjarnegara mau ke Yogyakarta. Sampai sini ya untuk istirahat," kata Aditya Hermansyah (18), bersama temannya Muhammad Rifki (19) saat ditemui, beberapa waktu lalu.

Dua traveler ini, selain istirahat sempat berfoto-foto dengan latar belakang Jembatan Sigandul tersebut. "Jembatan ini bagus sekali. Kami sengaja berhenti untuk istirahat sekalian foto-foto," tuturnya.

Jembatan Sigandul yang Fotogenik di TemanggungFoto: (Eko Susanto/detikcom)
Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Temanggung, Hary Agung Prabowo mengatakan, Jembatan Sigandul untuk menghubungkan akses jalan. Sedangkan dulu, aksesnya agak sulit, sering terjadi kecelakaan lalu lintas, kemudian dilakukan pembangunan jembatan tersebut.

Jembatan ini dibangun 2017 dan diujicoba 2018. Kebetulan Jembatan Sigandul pemandangannya bagus, tapi sebenarnya jembatan adalah akses penghubung untuk kelancaran lalu lintas.

"Tidak boleh berhenti apapun, kendaraan apapun baik sepeda motor maupun mobil itu berhenti di jembatan atau di pinggir jembatan. Itu aturannya tidak diperbolehkan, jadi akses jembatan hanya digunakan untuk penghubung kelancaran lalu lintas," ujarnya, Kamis (25/7/2019).

Kemudian saat disinggung jika foto-foto atau selfie-selfie dilakukan dari bawah Jembatan Sigandul, kata dia, kalau di lokasi jalan yang lama atau bawah jembatan tidak apa-apa. Hal ini karena akses yang lama tidak difungsikan lagi.

"Kalau yang lama (jalan) nggak apa-apa karena akses yang lama tidak difungsikan lagi. Kalau foto di akses jalan di situ (jalan lama) tidak masalah karena tidak difungsikan kembali," katanya.

Simak Video "Cerutu Rizona Khas Temanggung, Temanggung"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA