Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 29 Jul 2019 18:25 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Heboh Soal Kucing, Manado Malah Punya Pasar Kuliner Ekstrem

Shinta Angriyana
detikTravel
Pasar Tomohon di Manado (Reno/detikcom)
Pasar Tomohon di Manado (Reno/detikcom)
Tomohon - Belakangan, heboh seorang pria di Kemayoran memakan seekor kucing hidup-hidup. Ternyata, hewan ekstrem lain juga menjadi makanan di tempat ini.

Inilah Pasar Tomohon, sebuah pasar ekstrem yang menjual aneka makanan tidak biasa dari berbagai hewan. Sebenarnya, mungkin kucing bukan hewan ekstrem. Tetapi kucing merupakan hewan peliharaan yang bukan seharusnya dijadikan makanan.

Namun, terlepas dari kontradiksi, Pasar Tomohon menjadi salah satu kultur yang ada di Manado. Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, Senin (29/7/2019) Pasar Tomohon dapat ditempuh sekitar 1 jam dari Kota Manado. Di dalamnya, ada berbagai olahan dari hewan seperti ular, kelelawar, kucing dan tikus.

Persisnya, terletak di Jalan Beriman. Pasar Tomohon pun juga dikenal dengan nama Pasar Beriman.

Satu wilayah ini semuanya menjual berbagai macam daging hewan ekstrem dari ujung ke ujung. Umumnya, hewan sudah mati dan dipotong. Misalnya saja ular yang sudah dikuliti dan dipotong menjadi beberapa bagian.

Heboh Soal Kucing, Manado Malah Punya Pasar Kuliner EkstremKelelawar (Reno/detikcom)


Ada juga kelelawar dan tikus yang dibakar hingga menghitam. Begitu pun dengan daging anjing yang sering menjadi kontra di berbagai wilayah. Nyatanya, di Tomohon masih menjadi permintaan berbagai warga sekitar.

Tidak jarang, ada juga kucing yang dijual. Daging kucing pun dijual dalam bentuk bakar, sama seperti proses pengolahan daging anjing.

Mungkin, jika merupakan warga asing serta bukan penduduk lokal akan miris dengan hal ini. Tetapi, anjing-anjing yang dijual, sebelum dibakar akan dipukul hingga tewas. Baru kemudian diolah pada tahap selanjutnya.

Heboh Soal Kucing, Manado Malah Punya Pasar Kuliner EkstremAnjing yang telah dibakar (Reno/detikcom)


Warga sekitar pun sudah terbiasa makan makanan ekstrem tersebut. Bagi mereka, tikus merupakan hewan yang paling wajar. Begitupun dengan beberapa hewan lainnya. Ada juga orang yang mengolahnya dengan berbagai rempah sehingga rasanya lebih layak disantap.

Pasar ekstrem Tomohon beroperasi hampir setiap hari. Waktu operasinya dari pagi sampai sore hari. Namun terkadang saat memasuki siang atau sore hari jumlah pedagang yang menjual daging hewan yang tidak lazim tersebut jumlahnya sedikit.

Heboh Soal Kucing, Manado Malah Punya Pasar Kuliner EkstremProses pembakaran (Reno/detikcom)


Untuk harga, seporsi kecil sate tikus dijual dengan harga Rp 25 ribuan. Sedangkan, satu kilo daging anjing dijual sama dengan daging ular, Rp 50 ribuan.

Simak Video "Viral Kucing Gracie yang Lihai Berenang di Laut"
[Gambas:Video 20detik]
(sna/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA