Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 01 Agu 2019 22:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Berbagai Oleh-oleh Wajib Khas Belitung: Aneka Rempah

Shinta Angriyana
detikTravel
Foto: (Shinta Angriyana/detikcom)
Foto: (Shinta Angriyana/detikcom)
Belitung - Berwisata ke Belitung tidak hanya dapat membeli oleh-oleh keripik lezatnya. Tetapi, juga aneka rempah khas yang sayang untuk dilewatkan.

Tanjung Kelayang, Tanjung Tinggi dan beberapa pesona alam laut Belitung membuat siapapun yang ke sana pasti ingin kembali. Pantainya sangat bersih, sehingga membuat pengunjung betah ke sana.

Nah, usai jalan-jalan, jangan lupa bawa buah tangan ya. Umumnya, karena dikenal dengan pantai yang cantik olahan laut dapat menjadi pilihan. Ternyata bukan itu saja, ada banyak oleh-oleh yang bisa dibawa.

Mulai dari bumbu masak sampai kopi untuk menemani nongkrong di rumah bisa lho. Berikut selengkapnya:

1. Kopi

Berbagai Oleh-oleh Wajib Khas Belitung: Aneka RempahFoto: (Shinta Angriyana/detikcom)


Salah satu yang terkenal dari Belitung adalah warung kopi. Warkop di Belitung tersebar di berbagai wilayah, cukup mudah ditemukan di kawasan Pulau.

Bukan cuma diminum di tempat, oleh-oleh kopi juga bisa dibawa pulang. Misalnya di kedai kopi Kong Djie, ada varian coklat, kopi hitam dan kopi susu. Harganya mulai Rp 15 ribu saja. Bahkan, ada juga keripik kopi di berbagai toko oleh-oleh yang tidak kalah lezat.

2. Lada

(Shinta/detikcom)(Shinta/detikcom) Foto: undefined


Belitung juga dikenal dengan penghasil lada. Rempah lada dapat ditemukan di berbagai tempat.

Varian lada hitam dan lada putih pun juga tersedia di berbagai toko. Umumnya, traveler bisa membeli rempah-rempah lada dengan mudah. Ada juga beberapa orang yang menjual secara home made. Pilihannya pun bermacam-macam lho.


3. Teh

 (Shinta/detikcom) (Shinta/detikcom) Foto: undefined


Teh Pelawan memang belum terkenal di Belitung. Umumnya, teh pelawan bisa ditemukan di Bangka.

Tetapi, di Geosite Tebat Rasau, traveler bisa mencicipi teh ini dengan rasa yang segar. Diseduh hangat, teh pelawan dapat berkhasiat menyembuhkan masuk angin dan pegal-pegal. Harganya pun mulai Rp 10 ribu saja per pak.

4. Jeruk Kunci

(Shinta/detikcom)(Shinta/detikcom) Foto: undefined


Meski bukan termasuk rempah, jeruk kunci bisa dikategorikan sebagai oleh-oleh khas. Apalagi, jeruk kunci yang sudah diolah menjadi sirup.

Sirup jeruk kunci banyak ditemukan di toko oleh-oleh. Kemasannya di dalam botol kecil, berwarna coklat muda dengan tekstur kental. Biasanya, satu botol ukuran 300-500 ml dijual sekitar Rp 35-50 ribu. Satu botol pun bisa menjadi 10-20 gelas minuman.



Simak Video "Gurih-gurih Pedas Luti Gendang Khas Batam"
[Gambas:Video 20detik]
(sna/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA