Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 09 Agu 2019 13:35 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Serunya Keliling Kebun Bintang Malam Hari di Banjarnegara

Uje Hartono
detikTravel
Berpetualang di Bunbin pada Malam Hari (Uje Hartono/detikcom)
Berpetualang di Bunbin pada Malam Hari (Uje Hartono/detikcom)
Banjarnegara - Melihat satwa dari dekat mungkin sudah biasa di kebun binatang. Bagaimana jika melihatnya di malam hari sambil berpetualang dan berinteraksi dengan satwa?

Bagi traveler yang penasaran dan tertantang dengan sensasi ini, bisa datang ke Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas (TRMS) Banjarnegara. Dengan menggunakan headlamp, pengunjung akan diajak mengelilingi area kebun binatang untuk melihat satwa di malam hari.

Sepi dan tenang, suasana itulah yang terasa di kebun binatang pada malam hari. Beberapa satwa memang sudah terlihat tidur, seperti orangutan yang sudah asyik tidur menggelantung di tempat yang sudah disediakan. Namun jenis primata lainnya masih terlihat aktif di malam hari.

"Ada burung merak dan unta yang ternyata masih beraktivitas di malam hari," kata Mohtar, salah seorang pengunjung Kebun Binatang Serulingmas.

(Uje Hartono/detikcom)(Uje Hartono/detikcom)

Sensasi lainnya yakni saat mengunjungi satwa dengan julukan raja hutan, harimau. Pengunjung ditantang nyalinya untuk menyuapi harimau dengan menggunakan capit makanan.

Pengunjung diajak untuk masuk di ruangan khusus agar bisa melihat harimau dari jarak dekat. Namun, suara raungan harimau dari jarak dekat ini membuat beberapa pengunjung sempat memundurkan langkahnya, lantaran takut.

"Tetapi lama-kelamaan menjadi berani. Karena didampingi guide dari pengelola Serulingmas juga," tutur Mohtar.

Namun demikian, pengelola kebun binatang ini mengingatkan agar pengunjung mematikan headlamp saat berinterakasi dengan harimau. Tujuannya, agar tidak mengagetkan salah satu binatang buas tersebut.

"Khusus saat berinterakasi dengan harimau headlamp dimatikan dan masuknya bertahap," kata Direktur TRMS Serulingmas Banjarnegara Lulut Yekti Adhi, Kamis (8/8/2019).

(Uje Hartono/detikcom)(Uje Hartono/detikcom)

Lulut mengatakan, selain melihat satwa di malam hari, pengunjung juga diajak untuk melihat bioskop 3 dimensi tentang satwa. Sebelum dilanjutkan dengan makan malam.

"Jadi sebagai penutup itu pengunjung Serulingmas makan malam. Dan sebelum mulai kami juga menyediakan welcome drink," ujarnya.

Sayangnya, petualangan malam Serulingmas ini baru dibuka untuk rombongan minimalnya adalah 20 wisatawan. Selain itu, wisatawan juga diminta untum memesan minimal 4 hari sebelumnya.

"Untuk sementara ini, kami baru menyediakan paket rombongan, dan untuk memesan minimal 4 hari sebelumnya. Karena kami harus menyediakan makan malam dan welcome drink," jelasnya.

(Uje Hartono/detikcom)(Uje Hartono/detikcom)

Untuk harganya, Lulut menyebutkan satu wisatawan dikenai biaya Rp 100 ribu. Harga tersebut termasuk, menonton bioskop 3 dimensi, welcome drink, makam malam dan keliling ke kandang-kandang satwa.

"Dengan adanya petualangan malam serulingmas ini, kami berharap ada peningkatan kunjungan 10 sampai 20 persen. Selama ini tingkat kunjungan sekitar 10 ribu wisatawan per bulan," paparnya.

Simak Video "Pria di Gaza Sulap Apartemennya jadi Kebun Binatang"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED