Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 09 Agu 2019 21:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Pesona Gunung Papandayan untuk Para Pendakinya

Lusiana Mustinda
detikTravel
Gunung Papandayan. Foto: Hakim Ghani/detikTravel
Gunung Papandayan. Foto: Hakim Ghani/detikTravel

FOKUS BERITA

Naik Gunung Agustusan
Jakarta - Gunung Papandayan jadi primadona para pendaki. Taman Wisata Alam (TWA) Papandayan ini selalu ramai dikunjungi saat sedang hari libur seperti Tahun Baru. Berikut 5 keindahannya!

Gunung Papandayan yang berada di Garut ini merupakan Gunung Vulkanik yang terletak di antara dua desa, Sirnajaya dan Kramatwangi, Kecamatan Cisurupan, Garut.

Gunung vulkanik ini jadi salah satu tempat wisata favorit, tidak hanya para pendaki tapi juga pengunjung setempat. Memiliki ketinggian 2.665 mdpl, Gunung Papandayan terbilang ramah wisatawan, khususnya untuk aktivitas pendakian.

Keindahan Gunung Papandayan.Keindahan Gunung Papandayan. Foto: Hakim Ghani/detikcom

Berikut ini beberapa keindahan alam yang dimiliki oleh Gunung Papandayan:

1. Kawah Belerang

Asap putih yang mengepul ke udara jadi salah satu keindahan gunung Papandayan. Akan tetapi para pengunjung tak boleh mendekati kawah tersebut karena berbahaya.

Arena kawah dibatasi dengan pagar, namun tetap saja masih ada pengunjung yang berjalan untuk mendekat ke arah kawah untuk melihat atau sekedar memotret.


2. Hutan Mati

Hutan mati ini menjadi salah satu ciri khas dari keindahan gunung Papandayan. Hutan mati ini terbentuk dari pohon-pohon cantigi yang sudah mati sehingga hanya tersisa batang-batang keringnya saja. Meskipun begitu, pohon-pohon tandus ini memberikan keindahan tersendiri.

Letak hutan mati ini ada di atas kawah utama gunung Papandayan. Hampir semua pendaki berfoto di area ini untuk mengabadikan momen bersama teman-teman yang mendaki bersama.

Hutan mati, Gunung Papandayan.Hutan mati, Gunung Papandayan. Foto: (Niken Purnamasari/detikTravel)

3. Milky Way

Banyak orang yang mengartikan milky way sebagai bintang yang bertaburan di angkasa yang luas. Namun, sebenarnya milky way adalah galaksi yang disekitarnya terdapat sistem tata surya.

Bintang-bintang ini akan menemani para pendaki yang tengah melakukan perjalanan pada malam dan dini hari. Sembari menunggu pagi untuk melihat terbitnya matahari, kamu bisa mampir ke spot Perkemahan Ghoober Hoet, Bukit Soni dan Perkemahan Pondok Saladah. Karena di sini adalah tempat terbaik untuk menikmati proses matahari terbit.

Edelweis di Gunung Papandayan.Edelweis di Gunung Papandayan. Foto: (Ade Lesmana/d'Traveler)

4. Padang Edelweis

Selain hutan mati, Gunung Papandayan terkenal dengan Padang Edelweisnya. Edelweis yang sangat banyak terdapat di puncak Papandayan. Akan tetapi arena ini merupakan kawasan terlarang untuk didatangi karena alasan keselamatan.

Tapi jangan khawatir, kamu tetap bisa melihat bunga Edelweis ini di antara Pondok Saladah dan Hutan Mati.

Kolam air panas di Gunung Papandayan.Kolam air panas di Gunung Papandayan. Foto: Hakim Ghani

5. Kolam Air Panas

Wisata Gunung Papandayan selanjutnya adalah kolam air panas ini letaknya ada di area parkir kendaraan. Kamu bisa berendam dalam kolam air panas ini dengan merogoh kocek mulai dari Rp 25.000. Berendam sambil memandang keindahan Gunung Papandayan.





Simak Video "Riuh Ramai Festival Hantu di Taiwan"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

FOKUS BERITA

Naik Gunung Agustusan
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED