Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 20 Agu 2019 13:31 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Gratis! Ada Wisata Edukasi Keren di Gedung ANRI

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Diorama suasana Sumpah Pemuda di ANRI (Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Diorama suasana Sumpah Pemuda di ANRI (Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Jakarta - Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) bukan cuma menjaga harta karun dokumen bangsa. Mereka juga punya wisata edukasi dan sejarah. Gratis!

Gedung ANRI di Jl Ampera, Jakarta Selatan, sudah lama membuka pintunya untuk kunjungan wisatawan, tapi tidak banyak yang menyadarinya. Di sini pengunjung bisa melihat Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa. Tentu, perjalanan bangsa Indonesia itu akan Anda lihat dari sisi arsipnya.

detikcom berkunjung ke sana beberapa waktu lalu. Banyak wisatawan yang datang ke ANRI hanya untuk berkeliling di diorama seluas 750 meter persegi itu. Mereka kebanyakan adalah siswa yang datang dari Jakarta dan sekitarnya untuk berwisata sejarah.

Sejarah bangsa dimulai dari masa kerajaan. Itulah Hall B yang diisi masa kejayaan Nusantara direpresentasikan dua kerajaan yang berhasil menguasai wilayah Nusantara, yakni Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Majapahit hingga masa penjajahan Hindia-Belanda.

Gratis! Ada Wisata Edukasi Keren di Gedung ANRIDiorama Sejarah Perjalanan Bangsa di ANRI (Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Lalu di hall selanjutnya, kamu akan masuk ke ruang pahlawan, dimulai dari Cut Nyak Dien hingga Pangeran Diponegoro. Semua cerita pahlawan ini akan diceritakan melalui suara dengan tambahan visual foto dan artikel.

Anda dapat mengaksesnya melalui layar di dalam hall itu. Ya, Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa ini termasuk modern dalam pembangunannya karena ada beberapa tombol yang akan mengeluarkan suara jika dipencet.

Hall yang menarik selanjutnya adalah masa kemerdekaan dengan diorama Sukarno didampingi Hatta sedang mengumandangkan teks Proklamasi.

Gratis! Ada Wisata Edukasi Keren di Gedung ANRIMomen dikumandangkannya Proklamasi (Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Lalu, ada pula patung-patung presiden pertama hingga presiden keenam. Anda bisa mendengarkan pidato kepresidenan pertama mereka. Hall terakhir berisi tentang pemberontakan PKI dan era reformasi.

Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa diresmikan tahun 2008 dengan teknologi sensor gerak untuk menghidupkan lampunya. Destinasi ini buka setiap hari dengan jadwal Senin-Jumat dari pukul 09.00-15.00 WIB dan Sabtu-Minggu dari pukul 09.00-13.00 WIB. Anda bisa meminta petugas atau guide untuk menemani.

Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa di ANRI tentu bisa jadi destinasi wisata alternatif bagi Anda dan keluarga yang ingin berlibur akhir pekan. Mari pelajari sejarah bangsa dengan cara yang menyenangkan di sini.

Simak Video "Melihat Eloknya Jakarta dari Lensa Kamera"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA