Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 20 Agu 2019 16:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Aneka Harta Karun Dokumen Maha Penting di ANRI

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Foto: (Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Foto: (Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Jakarta - Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) adalah penjaga harta karun dokumen penting bagi bangsa Indonesia. Ada apa saja?

Lembaga ANRI sudah ada sejak zaman Belanda namanya Landarchief (1892). Di masa Indonesia modern namanya adalah ANRI. 100 Tahun lebih ANRI menjaga aneka dokumen bersejarah.

Dokumen daun lontar sampai manuskrip penting ada di sana. Untuk mendekatkan diri dengan masyarakat, ANRI membuka diri untuk wisata sejarah dan edukasi.

Dari jutaan dokumen ini, ada beberapa yang benar-benar seperti harta karun. Bukan emas bukan berlian, namun nilai sejarahnya super penting. Dihimpun detikcom, Selasa (20/8/2019) inilah aneka dokumen maha penting di ANRI:

1. Naskah Proklamasi tulisan tangan Sukarno

Teks Proklamasi (Masaul/detikcom)Teks Proklamasi (Masaul/detikcom)

Naskah Proklamasi tulisan tangan Sukarno disebut juga Proklamasi Klad. Ini adalah kertas dengan corat-coret pengumuman kemerdekaan Indonesia.

Naskah Proklamasi asli yang dibuat malam hari tanggal 16 Agustus 1945 ini pernah dibuang saat selesai diketik Sayuti Melik pada tanggal 17 Agustus 1945 dini hari. Untungnya naskah itu diselamatkan oleh wartawan BM Diah.

Naskah Proklamasi asli disimpan di ruang khusus dengan penjagaan berlapis. Ada beberapa dokumen penting lain yang disimpan dengan naskah Proklamasi.

2. Arsip pidato Sukarno soal Pancasila

Pidato Sukarno soal Pancasila ini juga merupakan dokumen maha penting bagi negeri ini. Ini adalah naskah pidato yang dibacakan Sukarno saat sidang BPUPKI tanggal 1 Juni 1945.

Peristiwa ini menjadi tanggal hari lahir Pancasila. Seperti kita ketahui, Pancasila adalah dasar negara kita. Semua itu terekam dan tersimpan apik di ANRI.

Aneka dokumen di ruang restorasi (Masaul/detikcom)Aneka dokumen di ruang restorasi (Masaul/detikcom)

3. Arsip BPUPKI

Arsip-arsip Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) juga ada di ANRI. Dokumen-dokumen itu berisi rapat-rapat yang membahas rencana kemerdekaan RI.

Bagaimana keadaan rapat yang tegang dan penuh tekanan itu terekam semua di sana. Penyimpanannya pun amat terjaga di ruangan khusus.

4. Arsip Supersemar

Anda tahu soal Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar)? Ini adalah dokumen yang menjadi awal mula pergeseran kekuasaan dari Sukarno ke Soeharto?

Ada misteri yang meliputi dokumen ini. Supersemar yang asli entah kemana. Yang ada adalah tiga salinan arsip Supersemar yang kini disimpan di ANRI. Ya, ketiganya tidak ada yang asli dan yang asli masih dicari hingga kini.

Arsip-arsip sejak zaman VOC (Masaul/detikcom)Arsip-arsip sejak zaman VOC (Masaul/detikcom)

5. Arsip-arsip lain

Dokumen penting lain yang disimpan ANRI adalah tentang batas wilayah RI saat pertama kali dibentuk. Kamu bisa melihat batas-batas negara bersumber dari sini.

Sebagian besar naskah ANRI adalah koleksi zaman Hindia-Belanda yakni dunia perdagangan VOC. Ada pula beberapa naskah kerajaan Nusantara namun tak terlalu banyak.

Tak hanya di ANRI, naskah-naskah atau arsip lawas itu juga disimpan oleh pemerintah provinsi, kabupaten hingga universitas. Jadi, pengelolaan naskah lawas Nusantara tersebar di berbagai tempat, tak terkecuali jika kamu menemuinya di museum di daerah-daerah.

Simak Video "Melihat Eloknya Jakarta dari Lensa Kamera"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA