Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 22 Agu 2019 17:23 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Begitu Banyak Cinta dari Papua Barat

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Anak-anak di Raja Ampat (Bonauli/detikcom)
Anak-anak di Raja Ampat (Bonauli/detikcom)
Jakarta - Papua Barat ada di angan kita sebagai sebuah destinasi yang indah, penduduk ramah dan kaya budaya. Kita telah jatuh cinta bahkan sebelum datang ke sana.

Papua Barat adalah wilayah leher dan kepala pulau berbentuk burung ini. Wilayahnya membentang 102.955,15 km2 dengan 915.361 penduduk. Ada 1 kota dan 12 kabupaten dengan Manokwari sebagai ibukota provinsinya.

Setiap kabupaten dan kota di sana punya potensi wisata luar biasa yang bahkan sebagian besar belum dioptimalkan. Dari gunung sampai bawah laut, begitu banyak pesona alam Papua Barat.

Begitu Banyak Cinta dari Papua BaratRaja Ampat (Andrea Caroline/d'Traveler)
Semua pasti tahu dong Raja Ampat, salah satu destinasi selam terbaik di planet Bumi. Raja Ampat terdiri dari beberapa pulau nan penuh pesona. Waisai sebagai pusat kabupaten saja sudah indah, lebih bagus lagi ketika traveler pergi ke Waigeo, Misool, Piaynemo, Wayag. Presiden Jokowi pun sudah menikmati alamnya yang indah.

Begitu Banyak Cinta dari Papua BaratTembok Berlin Sorong (Ela Herdiani/d'Traveler)
Sorong juga tidak bisa dilewatkan. Wilayah ini terbagi antara Kota Sorong, Kabupaten Sorong dan Kabupaten Sorong Selatan. Sorong menjadi pintu gerbang menjelajah Raja Ampat karena rute pesawat mendarat di sana. Tapi Sorong juga punya potensi wisata yang keren. Ada Pantai Tanjung Kasuari, Tembok Berlin Sorong dengan aneka wisata kuliner seafoodnya dan Pulau Doom.

Begitu Banyak Cinta dari Papua BaratRoti abon gulung Manokwari (Masaul/detikcom)
Traveling ke Manokwari juga seru. Kawasan ini terdiri dari Kabupaten Manokwari yang jadi ibukota Provinsi Papua Barat dan Kabupaten Manokwari Selatan. Patung Yesus di Pulau Mansinam jadi favorit. Selain itu juga ada Teluk Doreri dengan beberapa pulau dan pantai serta spot diving dengan bangkai kapal Perang Dunia II. Wisata kuliner yang wajib dicoba di sini adalah Roti Abon Gulung Hawai, mesti beli buat oleh-oleh.

Begitu Banyak Cinta dari Papua BaratDanau Anggi Giji di Pegunungan Arfak (Masaul/detikcom)
Bertetangga dengan Manokwari ada Kabupaten Pegunungan Arfak yang baru dimekarkan tahun 2012. Di pegunungan ini ada dua danau kembar yaitu Danau Anggi Giji dan Danau Anggi Gida. Potensi wisatanya luar biasa namun belum dioptimalkan.

Begitu Banyak Cinta dari Papua BaratBurung Cenderawasih di Tambrauw (Istimewa)
Di ubun-ubun kepala burung pulau Papua, ada Kabupaten Tambrauw. Di sana ada Bukit Sontiri yang seperti bukit Teletubbies dan Air Terjun Anenderat yang tujuh tingkat. Tambrauw juga adalah salah satu tempat terbaik untuk melihat burung Cenderawasih. Ada lagi Kabupaten Teluk Bintuni yang menghadap ke teluk dengan kekayaan wisata bawah laut.

Kabupaten Teluk Wondama juga spesial lho. Kabupaten ini menghadap langsung Teluk Cenderawasih. Ini adalah habitat alami hiu paus yang legendaris. Wisatawan bisa berenang bersama hiu paus di sini.

Begitu Banyak Cinta dari Papua BaratKepulauan Ugar di Fakfak (Diyah D/d'Traveler)
Kalau kamu suka dengan wisata sejarah dan budaya, Kabupaten Fakfak bisa jadi tujuan kamu. Ada situs purbakala Kokas alias Tapurarang dengan lukisan purba, ada Masjid Patimburak yang tertua di Papua sejak 1870 dan gua Jepang bekas PD II. Ada juga sejumlah air terjun yang masih perawan.

Begitu Banyak Cinta dari Papua BaratBenteng Jepang Kaimana (dok. Balai Arkeologi Jayapura)
Satu lagi yang mesti disebut adalah Kabupaten Kaimana. Wisatawan bisa melihat penyu, hiu paus, snorkeling dan diving di beberapa pulau dan Teluk Triton. Ada juga wisata sejarah Benteng Jepang Kaimana. Masjid Kaimana dan tradisi Hadrat muslim Papua saat Lebaran juga asyik untuk ditonton.

Jadi, kapan kalian mau main ke Papua Barat? Salam PAPEDA, Papua Penuh Damai!

Simak Video "Indahnya Raja Ampat, Raja Ampat"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/van)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA