Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 23 Agu 2019 07:26 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Solo Punya Soto yang Bikin Rindu

Elmy Khairally
detikTravel
Soto Triwindu di Solo untuk liburan akhir pekan (Tasya/detikcom)
Soto Triwindu di Solo untuk liburan akhir pekan (Tasya/detikcom)
Solo - Akhir pekan ini, liburan ke Solo yuk! Di sana ada wisata kuliner soto yang bikin rindu, Soto Triwindu namanya.

Ingat soto yang sempat dibahas oleh Jokowi? Soto yang punya slogan 'Selalu Bikin Rindu' ini miliki rasa khas yang tak didapatkan di restoran lain. Belum ke Solo kalau tidak mencicipi soto ini.

Sempat viral di media sosial karena vlog Jokowi yg mereview Soto Triwindu, tempat wisata di Solo yang berlokasi di Jalan Teuku Umar, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo ini semakin kedatangan banyak pelanggan. Mulai dari pejabat hingga artis sudah mencicipi soto kesukaan Jokowi.

Solo Punya Soto yang Bikin RinduTampak depan Soto Triwindu (Tasya/detikcom)


detikcom di sela kegiatan Grab Indonesia, mampir ke wisata kuliner Soto Triwindu, Kamis (22/8/2019) dan mencicipi rasa khas yang dimiliki soto ini. Rasa kuahnya yang segar dan nikmat ditambah daging, tauge, seledri dan beberapa pilihan topping tambahan seperti kikil, babat, empal, iso dan lainnya menambah cita rasa soto ini semakin nikmat. Ada juga berbagai macam gorengan yang disediakan di etalase untuk menambah santapan soto. Ada tempe, tahu, lentho, perkdel dan bakwan.

Cita rasa bumbu yang tidak berubah sejak 1939, menjadikan Soto Triwindu menjadi makanan favorit Jokowi dan beberapa pejabat negara yang pernah singgah ke sana.
Awalnya restoran ini bertempat di dekat Pasar Triwindu, bernama Soto Pringgodani, tapi lama kelamaan orang-orang menyebutnya Soto Triwindu.

Wati, selaku menantu dari sang pemilik restoran yang sudah diberi resep turun temurun mengaku, soto ini sudah ramai sejak sebelum Jokowi membuat vlog. Dia juga mengatakan bahwa sejak sebelum Jokowi menjadi presiden, dia dan keluarga sudah sering datang ke sini.

Solo Punya Soto yang Bikin RinduSeporsi Soto Triwindu (Tasya/detikcom)


"Kalau Pak Jokowi sukanya kikil, kalo ibu itu iso sama empal, pasti itu. Minumnya jeruk wedang seduh. Kalo Mas Gibran kalau nggak babat ya paru," ujar Wati.

Selain Jokowi, Soto Triwindu juga sering didatangi para pejabat dan tokoh agama. Presiden ke 4 almarhum Abdurrahman Wahid, dan beberapa pejabat lain pernah ke sana.

"Pak Gus Dur sudah pernah, Pak Wiranto sudah pernah, terakhir Pak Harmoko sama ibu, kemarin Ustaz Yusuf Mansur," kata Wati

Tak mau kalah, artis-artis ibu kota juga mencicipi soto segar ini. Salah satunya Kaka Slank yang pernah mendatangi warung yg terletak di gang ini.

Solo Punya Soto yang Bikin RinduSuasana pengunjung (Tasya/detikcom)


"Terus artis banyak, kalau mas Kaka Slank ke sini senengnya lentho, kemarin ke sini sama istrinya. Pokoknya harus ada lentho," tambah Wati.

Wati mengatakan tidak mau membuka cabang di tempat lain. Khawatir akan mengubah cita rasa soto yang sudah menjadi resep keluarga.

"Kalau rasanya beda nanti malah menjatuhkan ini. Sudah di sini dikelola bareng-bareng dapetnya ya nanti dibagi bareng-bareng, sudah. Allah sudah kasih rezeki, emang ini sudah rezeki saya nggak akan ketuker," kata Wati.

Jadi untuk wisatawan yang mau liburan akhir pekan mengunjungi Solo, jangan lupa datang ke Soto Triwindu. Tempat ini buka mulai pukul 05.30-15.30 WIB.

Solo Punya Soto yang Bikin RinduWati, pengelola Soto Triwindu (Tasya/detikcom)


Simak Video "Kuliner Pecel Ndeso, Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(sna/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA