Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 24 Agu 2019 21:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Asal Muasal Situ Patenggang, Kisah Raden Kian Santang & Dewi Rengganis

Wisma Putra
detikTravel
Cantiknya Situ Patenggang di Jawa Barat (Wisma Putra/detikcom)
Cantiknya Situ Patenggang di Jawa Barat (Wisma Putra/detikcom)
Kabupaten Bandung - Situ Patenggang adalah tempat wisata di Kabupaten Bandung. Danau cantik ini menyimpan kisah pertemuan antara Raden Kian Santang dan Dewi Rengganis.

Situ Patengan atau yang dikenal Situ Patenggang, danau yang ada di wilayah Bandung Selatan tidak kalah dengan obyek wisata Kawah Putih yang letaknya hanya sekitar 7 km. Banyak pengunjung yang datang ke sini untuk mengetahui sejarahnya.

Seperti diketahui, di obyek wisata ini dikenal dengan sebuah batu yang bernama Batu Cinta yang berada di tengah-tengah danau dan dikelilingi oleh pepohonan yang jumlahnya tidak terlalu banyak. Konon katanya lokasi tersebut merupakan tempat bertemu Raden Kian Santang dan Dewi Rengganis.

Menurut cerita masyarakat yang dihimpun detikTravel, Sabtu (24/8/2019) di Situ Patenggang, sepasang kekasih Raden Kian Santang dan Dewi Rengganis bertemu di sana setelah sekian lama berpisah, keduanya saling memadu kasih.

Dalam pertemuannya, Dewi Rengganis meminta kepada Raden Kian Santang untuk membuatkan danau beserta perahu untuk dinaiki mereka berdua dan terbentuklah Situ Patenggang.

(Wisma Putra/detikcom)(Wisma Putra/detikcom)
Salah satu warga, Muhtar mengatakan bila asal kata Situ Patengan pun berasal dari bahasa Sunda yang berasal dari kata pateang-teang atau saling mencari dalam Bahasa Indonesia.

"Kalau sejarahnya gitu, Situ Patengang atau Situ Patengan itu berasal dari kata pateang-teang atau saling mencari antara pangeran dan putri," katanya kepada detikTravel belum lama ini.

Muhtar mengakui, bila banyak pengunjung yang datang ke tempat wisata ini untuk mengetahui sejarahnya. Karena menurut kepercayaan orang tua dulu, Objek Wisata Situ Patengan sarat akan sejarah.

"Ya ada yang suka nanya-nanya soal sejarahnya. Kalau kita ya jelasin sesuai perkataan orang tua dulu, itu juga enggak tahu soal kebenarannya, namanya juga cerita," ungkapnya.

(Wisma Putra/detikcom)(Wisma Putra/detikcom)
Salah satu pengunjung asal Bogor, Risma Rahayu berujar, dia ingin berlibur di obyek wisata tersebut dan datang ke Situ Patenggang karena sejarahnya, dimana lokasi tersebut dijadikan sebagai lokasi bertemunya pangeran dan putri.

"Sesuai dengan sejarahnya, tempatnya sangat romantis dan sangat nyaman sekali. Indah juga buat dijadikan sebagai spot foto buat para pasangan yang datang ke sini," ujar Risma.

Risma juga menambahkan, spot foto yang ada di obyek wisata tersebut cocok juga dijadikan untuk prewedding. "Iya bagus buat prewed, sayang deh dulu saya enggak prewed di sini, padahal pemandangannya sangat indah," pungkasnya.

Kalau liburan akhir pekan ke Bandung yuk mampir ke Situ Patenggang!

Simak Video "Weekend Pertama, Begini Kondisi Rekayasa Jalan Sukajadi "
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA