Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 26 Agu 2019 18:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Calon Ibu Kota Baru, Ini Potensi Wisata di Penajam Paser Utara

Pantai Tanjung Jumlai di Kabupaten Penajam Paser Utara (Herman Kmf/Youtube)
Penajam Paser Utara - Kabupaten Penajam Paser Utara di Kalimantan Timur disebut Presiden Jokowi sebagai calon ibu kota negara baru. Yuk kita lihat potensi wisatanya.

Di Istana Negara, Jakarta (26/8), Presiden Jokowi mengerucutkan dua nama kabupaten di Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai calon ibu kota negara baru Indonesia. Tempat itu adalah Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara.

Diestimasi cukup luas, calon ibu kota negara baru Indonesia disebut akan beririsan di dua kabupaten Kaltim. Keduanya memang saling bertetangga satu sama lain.

"Lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur," ujar Jokowi di Istana Negara.

Dari kedua nama kabupaten tersebut, traveler mungkin pernah mendengar nama Kabupaten Kutai Kartanegara. Namun, bagaimana dengan Kabupaten Penajam Paser Utara?

Walau namanya kalah populer ketimbang tetangganyaa, nyatanya Kabupaten Penajam Paser Utara punya sejumlah potensi pariwisata. Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, Senin (25/8/2019), berikut aneka potensi pariwisata yang ada di sana:

1. Pantai Corong
Calon Ibu Kota Baru, Ini Potensi Wisata di Penajam Paser Utara(Humas Setkab Kabupaten Penajam Paser Utara)
Berlokasi di provinsi yang sama dengan Kepulauan Derawan, Kabupaten Penajam Paser Utara juga punya Pantai Corong yang tak kalah cantik. Lokasi persisnya ada di Kelurahan Tanjung Tengah, Kecamatan Penajam.

Akses jalan yang cukup baik menuju lokasi pun membuat pantai ini cukup disukai wisatawan. Hamparan pasir putihnya kian menambah kecantikannya.

2. Pantai Tanjung Jumlai

Pantau populer berikutnya di Kabupaten Penajam Paser Utara adalah Pantai Tanjung Jumlai di Kelurahan Tanjung Tengah. Layaknya pantai pada umumnya, pantai ini dihiasi oleh barisan pohon kelapa nan rindang. Asyik buat bersantai!

3. Pulau Gusung

Pulau Gusung tak hanya ada di Karimunjawa atau Raja Ampat, Kabupaten Penajam Paser Utara juga punya. Lokasi persisnya ada di perairan Pantai Tanjung Jumlai.

Traveler yang berkunjung pun akan dimanjakan oleh pasir pulau timbul nan lembut dan air laut yang jernih. Dapat ditempuh sekitar 30 sampai 60 menit dengan naik perahu dari dermaga terdekat.

4. Air Terjun Tembinus
(Hari Prayogi/Youtube) (Hari Prayogi/Youtube)
Selain pantai dan pulau, Kabupaten Penajam Paser Utara juga punya Air Terjun Tembinus di Kelurahan Maridan, Kecamatan Sepaku. Berlokasi di tengah hutan, air terjun ini punya tinggi sekitar 20 meter.

5. Ekowisata Mangrove Kampung Baru

Mengusung konsep ibu kota hijau, Kabupaten Penajam Paser Utara juga punya ekowisata mangrove Kampung Baru. Ini adalah wisata hutan mangrove pertama di Penajam sekaligus Kaltim.

Traveler yang berkunjung pun dapat menikmati keindahan hutan mangrove sambil berjalan santai melintasi jembatan yang memanjang sekitar 400 meter di sana.

6. Kuliner Dampo Durian

Tak kalah dengan Medan, Kabupaten Penajam Paser Utara juga punya kuliner olahan durian yang tak kalah lezat. Memiliki nama Dampo Durian, kuliner yang satu ini mirip dengan dodol atau lempok durian yang sudah lebih dulu populer.

Selain itu juga ada kuliner nikmat khas lainnya seperti Soto Penajam Paser Utara dan lainnya.



Simak Video "Menteri PAN-RB Sudah Seleksi ASN untuk Ditugaskan di Ibu Kota Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA